Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Metode Bernyanyi dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini di TK Ma'arif 5 Sekampung Lampung Timur

Mutohharoh, Marfungatun (2022) Implementasi Metode Bernyanyi dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini di TK Ma'arif 5 Sekampung Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Sripsi marfuah - Fuah Mutoharoh.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Implementasi mertode bernyanyi dalam mengenalkan huruf hijaiyah, sangat penting bagi peserta didik. Mengenalkan huruf hijaiyah yang disebabkan oleh pembelajaran yang monoton. Pendidik menggunakan metode bernyanyi dengan menyebutkan huruf hijaiyah.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, sedangkan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penjaminan keabsahan data menggunakan triagulasi teknik data dan triagulasi sumber. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode bernyanyi dalam mengenalkan huruf hijaiyah pada anak usia dini di TK Ma’arif 5 Sekampung Lampung Timur.

Berdasarkan hasil penelitian merupakan implementasi metode bernyanyi dalam mengenalkan huruf hijaiyah pada anak usia dini di TK Ma’arif 5 sekampung lampung timur dilaksanakan dengan baik. Adapun faktor penghambat ada peserta didik yang lama menerima materi, karena terdiam malu mau membuka suaranya hasilnya akan kurang efektif pada anak pendiam atau tidak suka bernyanyi, dan ada juga peserta didik yang suka lagu dewasa. Dan solusi yang dilakukan pendidik di TK Ma’arif 5 sekampung lampung timur, dengan memberikan arahan dan nasehat, serta memberikan pengawasan dan perhatian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 06 Nov 2024 02:15
Last Modified: 06 Nov 2024 02:15
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10241

Actions (login required)

View Item View Item