Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Menggunakan Produk Pembiayaan Multijasa pada BPRS Rajasa Bandar Jaya

Andini, Sovia (2021) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Menggunakan Produk Pembiayaan Multijasa pada BPRS Rajasa Bandar Jaya. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SOVIA ANDINI_1704100248 - Sovia Andini.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Pembiayaan multijasa adalah pembiayaan yang diberikan oleh BPRS Rajasa Bandar Jaya kepada nasabah untuk memperoleh manfaat dari suatu jasa. BPRS Rajasa Bandar Jaya memiliki keyakinan bahwa nasabah pembiayaan multijasa sering kali membutuhkan dana talangan yang cukup besar untuk terpenuhinya kebutuhan sehari-hari yang harus dibayarkan, seperti pendidikan, kesehatan, haji atau umrah, resepsi, ketenagakerjaan dan kepariwisataan. Dalam hal ini pembiayaan multijasa merupakan produk pembiayaan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nasabah di saat kondisi keuangan sedang sulit.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan mutijasa pada BPRS Rajasa Bandar Jaya dengan sifat deskriptif kualitaitif. Jenis penelitian ini penelitian lapangan (field research), sumber data yang diperoleh adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengambilam sampel yang digunakan ini yaitu Snowball Sampling dimana teknik penentuan responden penelitian dilakukan secara multi tahapan yang pada akhirnya dapat berkembang luas dan mendalam sehingga diharapkan mampu menjawab permasalahan penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Wawancara direktur, legal officer, marketing, dan delapan nasabah yang melakukan pembiayaan multijasa pada BPRS Rajasa Bandar Jaya. Dari data-data penelitian tersebut dianalisis secara kualitatif dengan berfikir induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada BPRS Rajasa Bandar Jaya faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan mutijasa terdapat satu faktor, yaitu faktor eksternal yang meliputi sosial, produk, promosi, pelayanan dan tempat. Faktor eksternal muncul ketika adanya pengaruh dan dorongan yang berasal dari lingkungan sekitar seperti keluarga, tempat bekerja dan tempat tinggal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 06 Nov 2024 02:16
Last Modified: 06 Nov 2024 02:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10242

Actions (login required)

View Item View Item