Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Promosi untuk Meningkatkan Omzet Penjualan Studi pada Kerupuk Kemplang Gajah Lampung Desa Purwosari Batanghari Nuban Lampung Timur

Safistri, Dewi Antika (2022) Strategi Promosi untuk Meningkatkan Omzet Penjualan Studi pada Kerupuk Kemplang Gajah Lampung Desa Purwosari Batanghari Nuban Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Skripsp Dewi Antika Safitri_1704040119(1) - Dewi Antik.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Keberhasilan usaha dalam mencapai usaha yang telah ditetapkan dipengaruhi oleh pedagang tersebut dalam memilih dan menepatkan strateginya, dimana dalam strategi tersebut terdapat rencana dan tindakan yang akan membantu dalam mengambil kebijakan penjualan dalam meningkatkan minat beli konsumen. Saat ini industri makanan dan minuman di Indonesia semakin pesat. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya berbagai macam usaha atau bisnis yang timbul, baik yang bersekala kecil maupun bersekala besar, salah satunya jajanan tradisonal yang tetap eksis adalah kerupuk kemplang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan oleh home industri Kerupuk Kemplang Gajah Lampung dalam meningkatkan penjualan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research). Adapun sifat penelitian ini yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan sumber data primer dan juga data sekunder. Sedangkan teknik wawancara dilakukan oleh pemilik usaha kerupuk kemplang Gajah Lampung sebagai responden dan dokumentasi digunakan sebagai pelengkap bahan informasi yang mendukung data-data peneliti yang didapatkan di lapangan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi pada usaha Kerupuk Kemplang Gajah Lampung berpengaruh terhadap omzet penjualan. Hal tersebut dapat dilihat dari promosi yang dilakukan oleh pemilik usaha, ternyata cara mempromosikan produk secara door to door, cara melakukan promosi produk dengan mengikuti event-event kabupaten, ternyata ada yang berhasil dan ada juga yang tidak berhasil. Seperti pada saat terjadi pandemi covid-19 promosi melalui media sosial juga mempengaruhi omzet penjualan, namun kurang nya kreatifitas dari pemilik Kerupuk Kemplang Gajah Lampung di bidang tersebut menyebabkan penurunan omzet. Meskipun begitu dari ke 4 bauran yang diterapkan memberikan pengaruh pada penjualan kemplang Gajah Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 06 Nov 2024 01:11
Last Modified: 06 Nov 2024 01:11
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10244

Actions (login required)

View Item View Item