Sa’adah, Ummu Labibatus (2021) Pembelajaran Matematika Siswa Tuna Grahita Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Catur Bina Bangsa Metro Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI-UMMU LABIBATUS SA'ADAH - 1701050043 -0 - ummu labibatussaadah.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Tuna grahita yaitu suatu kondisi anak yang kecerdasannya jauh dibawah rata-rata, penelitian ini meneliti siswa tuna grahita ringan dengan IQ 68-52. Salah satu jenis mata pelajaran yang harus dipelajari anak SDLB adalah matematika. Dalam proses pembelajaran siswa tuna grahita kemampuan akademis dimiliki dibawah rata-rata sehingga tidak semua siswa dapat mempelajari konsep matematika dengan baik dan berimplikasi terhadap hasil belajar siswa yang rendah atau tidak sesuai dengan target yang dicapai. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengorganisasian materi, pelaksanaan strategi pembelajaran, hambatan, serta respon siswa terhadap pembelajaran matematika yang telah dilaksanakan oleh guru kelas di (SDLB) Catur Bina Bangsa.
Bentuk penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang siswa tuna grahita yang berada dikelas 4. Pengumpulan data menggunakan wawancara observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Penelitian ini meliputi, pengorganisasian materi pembelajaran matematika, strategi pembelajaran matematika, hambatan yang dialami selama pelaksanaan pembelajaran, respon siswa selama pelaksanaan pembelajaran.
Hasil penelitian ini sebagian besar dari aspek pengorganisasian materi pembelajaran matematika untuk anak tunagrahita sudah terlaksana, seluruh aspek dalam strategi pembelajaran matematika pada anak tunagrahita yang meliputi pemberian reinforcement, pemberian punishment, dan materi yang diklasifikasikan sesuai perkembangan anak sudah terlaksana, hambatan yang dialami guru selama pembelajaran antara lain anak tuna grahita sangat hiperaktif serta anak-anak bila sudah jenuh dalam belajar mereka akan mengobrol sendiri, jalan-jalan dikelas, tidak mau melanjutkan pelajaran, sehingga materi yang diberikan masih bersifat umum, respon siswa tunagrahita selama pembelajaran positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 01:15 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 01:15 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10245 |
Actions (login required)
View Item |