Fitriyana, Nurni (2024) Analisis Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Digital Produk Umrah Pada PT Athalah Safar Internasional Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI NURNI FITRIYANA - 2003041011 - MHU.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Perkembangan media sosial pada saat ini memiliki dampak yang signifikan, salah satunya adalah pengaruhnya terhadap ekonomi, Hampir semua perusahaan memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran. PT Athalah salah satu Biro perjalanan yang aktif mempromosikan produk mereka di Media sosial seperti, Instagram, Facebook, Tik Tok dan WhatSapp. Melihat pentingnya pemasaran digital dan persaingan di media sosial, PT Athalah perlu dalam merumuskan strategi dalam lebih banyak menarik jamaah. Dengan Analisis SWOT, PT Athalah Safar Internasional dapat mengetahui kekuatan (strenght), mengidentifikasi kelemahan (weakness), memenfaatkan peluang (opportunities), dan menghadapi ancaman (threats).
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana menganalisis SWOT penggunaan media sosial dalam mempromosikan produk Umrah pada PT Athalah Safar Internasional Kota Metro. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Kualitatif Deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan narasumber yang terkait pada pelaksanaan pengelolaan digitalisasi dokumen, dan juga dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Athalah Safar Internasional Kota Metro memiliki kekuatan dalam manajemen media sosial dan kerjasama dengan influencer serta mitra strategis, yang didukung oleh lokasi yang strategis. Namun, terdapat kelemahan seperti keterbatasan karyawan dan infrastruktur yang memadai. Peluang besar datang dari meningkatnya minat masyarakat terhadap umrah dan potensi penggunaan teknologi digital untuk pemasaran. Namun, PT Athalah juga menghadapi ancaman dari persaingan yang tinggi, risiko akun media sosial palsu, dan isu keamanan data. Dengan memahami analisis ini, PT Athalah dapat merumuskan strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan daya saing dan kualitas layanannya. Dengan demikian, PT Athalah perlu meningkatkan program pelatihan untuk karyawan khususnya admin media sosial serta pembenahan jariangan. Selain itu, PT Athalah Perlu memperluas jangkauan dalam penggunaan media sosial mereka.
Kata Kunci : Media Sosial, Pemasaran Digital, Analisis SWOT, Umrah, Pemasaran Produk Umrah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Haji dan Umroh |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Haji dan Umroh |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 01:45 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 01:45 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10249 |
Actions (login required)
View Item |