Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Jamaah Haji Dan Umrah Di Kota Metro Pada PT Saudi Patria Wisata Lampung

Safira, Bunga (2024) Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Jamaah Haji Dan Umrah Di Kota Metro Pada PT Saudi Patria Wisata Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI BUNGA SAFIRA - 2003040004 - MHU.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran dalam menarik minat jamaah haji dan umrah di Kota Metro pada PT Saudi Patria Wisata Lampung. Ibadah haji merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang memenuhi syarat istitha’ah, baik secara finansial, fisik, maupun mental. Meskipun hanya wajib dilaksanakan sekali seumur hidup. Sedangkan ibadah umrah merupakan ibadah yang dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan memenuhi rukun umrah.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualititatif deskriptif, dengan fokus pemahaman mendalam terhadap strategi pemasaran yang diterapkan. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan para narasumber dan analisis dokumen terkait strategi pemasaran yang telah dilakukan.

Hasil analisis yang telah dilakukan peneliti tentang Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Jamaah Haji dan Umrah di Kota Metro Pada PT Saudi Patria Wisata Lampung, maka diperoleh kesimpulan bahwa PT Saudi Patria Wisata Lampung menggunakan strategi pemasaran STP (segmenting, targeting dan positioning) yaitu Segmentasi yang dilakukan oleh PT. Saudi Patria Wisata Lampung menggunakan beberapa dasar, diantaranya yaitu Segmentasi geografis, segmentasi demografis, segmentasi psikografis dan segmentasi perilaku. Targeting, target pasar PT. Saudi Patria Wisata Lampung menggunakan strategi Penetapan Sasaran Terkonsentrasi yaitu konsumen dengan tingkat perekonomian menengah ke atas. Dan Positioning, positioning yang dilakukan oleh PT. Saudi Patria Wisata Lampung adalah dengan mempertahankan citra merk agar selalu ada di benak konsumen dan mendapatkan tempat tertinggi dibandingkan dengan travel yang lainnya. Bauran Pemasaran (marketing mix) 7P yaitu Product (produk), Price (harga), Place (tempat), Promotion (promosi), People (orang), Process (proses), dan Physical Evindence (bukti fisik). Semua strategi ini sudah diterapkan oleh PT Saudi Patria Wisata Lampung, strategi yang paling berperan penting adalah strategi harga, dimana harga yang ditawarkan lebih terjangkau daripada travellainnya. Dengan menggunakan strategi itu PT Saudi Patria Wisata Lampung dapat menarik minat jamaah untuk menggunkan layanan jasa untuk melakukan perjalanan ibadah haji dan umrah.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Minat Jamaah Haji Dan Umrah, PT Saudi Patria Wisata Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Haji dan Umroh
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Haji dan Umroh
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 29 Oct 2024 01:57
Last Modified: 29 Oct 2024 01:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10251

Actions (login required)

View Item View Item