Sundari, Tri (2021) Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sumbergede. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
terbaru TRI SUNDARI SKRIPSI fix - Sundari Ari.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Kreativitas merupakan salah satu potensi anak yang harus dikembangkan sejak dini. Bakat kreatif dapat dikembangkan melalui kegiatan bermain yang sistematis, pedagogis, tertib, terencana dan disesuaikan dengan kelompok usia tumbuh kembang, sehingga potensi kreatif anak akan berkembang secara optimal.
Berdasarkan observasi di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sumbergede, Sekampung Lampung Timur, memiliki kreativitas yang rendah. Adapun solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini akan menerapkan pembelajaran dengan cerita bergambar. Buku cerita disukai oleh hampir semua anak, terutama jika buku cerita bergambar dengan baik dengan sedikit permainan untuk melibatkan mereka.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak usia dini melalui media buku cerita bergambar di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Sumbergede Sekampung Lampung Timur Tahun Ajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus, dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan di setiap siklusnya jadi total keseluruhan menjadi 6 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan kegiatan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data menggungkan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan kreativitas anak usia dini melalui penggunaan media buku cerita bergambar di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sumbergede Sekampung, sebagai data perkembangan kreativitas anak usia dini pada siklus I, anak yang belum berkembang sebanyak 3 anak dengan prosentase 30%, anak yang mulai berkembang sebanyak 1 anak dengan prosentase 10%, anak yang berkembang sesuai harapan sebanyak 3 anak dengan prosentase 30%, dan anak yang berkembang sangat baik sebanyak 3 anak dengan prosentase 30%. Kemudian pada siklus II, anak yang belum berkembang sudah tidak ada, anak yang mulai berkembang sebanyak 1 anak dengan prosentase 10%, anak yang berkembang sesuai harapan yaitu sebanyak 1 anak dengan prosentase 10%, dan anak yang berkembang sangat baik sebanyak 8 anak dengan prosentase 80%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 04:06 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 04:06 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10257 |
Actions (login required)
View Item |