Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Pemasaran Produk Ceria Ketupat Terhadap Peningkatan Jumlah Anggota Pada BMT Assyafiiyah Berkah Nasional Cabang Sekampung

Widyaningrum, Alvina Putri (2024) Analisis Strategi Pemasaran Produk Ceria Ketupat Terhadap Peningkatan Jumlah Anggota Pada BMT Assyafiiyah Berkah Nasional Cabang Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Alvina Putri Widyaningrum - 2003021005 - PBS.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Sebagai lembaga keuangan syariah, BMT merupakan lembaga keuangan mikro yang dioperasikan dengan prinsip bagi hasil. Minat digambarkan sebagai situasi seseorang sebelum melakukan tindakan yang dapat dijadikan dasar untuk memprediksi perilaku atau tindakan. Minat tidak akan muncul dengan sendirinya secara tiba-tiba dalam diri individu, minat dapat muncul dalam diri seseorang melalui proses. Maka dari itu perlu adanya strategi marketing untuk meningkatkan masyarakat untuk bergabung menjadi anggota.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi marketing dalam meningkatkan jumlahanggota di BMT Assyafiiyah Berkah Nasional Cabang Sekampung. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitiannya yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan dua teknik yaitu wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan Pimpinan Cabang BMT Assyafiiyah Berkah Nasional CabangSekampung, marketing BMT Assyafiiyah Berkah Nasional Cabang Sekampung dan anggota sedangkan dokumentasi dilakukan dengan mendokumentasikan dokumen yang terkait dengan penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukkan strategi marketing dalam meningkatkan jumlah anggota di BMT Assyafiiyah BN yaitu dengan menerapkan 7P (Product, Price, Place, Promotion, people, physical evidcence, process). Dari 7p itu promosi yang lebih diunggulkan yaitu dengan menggunakan media cetak berupa brosur, jemput bola, door to door dan mulut ke mulut, namun kurang maximal dalammedia sosial seperti instagram, facebook, twitter, dan tiktok.Sedangkan strategi lainnya yaitu product menggunakan nama yang menarik sehingga mudah diingat, price hanya Rp.10.000,- sudah bisa menabung, place disekitar pasar, instansi-instansi, dan rumah-rumah warga, people pelayanannya sangat baik sabar dan ramah, physical evidcence ruangannya ber-AC bersih dan nyaman, processsangat mudah dan cepat.

Kata Kunci: Strategi Pemaran, Lembaga Keuangan Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 29 Oct 2024 01:19
Last Modified: 29 Oct 2024 01:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10263

Actions (login required)

View Item View Item