Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas pada Mata Pelajaran IPA Kelas III di SDN 1 Adiwarno

Prastiwi, Yuni (2022) Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas pada Mata Pelajaran IPA Kelas III di SDN 1 Adiwarno. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
YUNI-1 - Yuni Prastiwi.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Keterampilan mengelola kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal, dan keterampilan untuk mengembalikan kondisi belajar yang optimal, apabila terdapat gangguan dalam proses pembelajaran baik yang bersifat gangguan kecil dan sementara maupun gangguan yang berkelanjutan. Berdasarkan observasi peneliti tertarik mengamati pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru pada mata pelajaran IPA. Karena pelajaran IPA tidak hanya terfokus kepada teoriteori saja melainkan pembelajaran yang memerlukan praktek/mengamati fenomena alam di sekitar sehingga butuh pengelolaan kelas yang baik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterampilan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran IPA kelas III di SDN 1 Adiwarno dan untuk mngetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengelola kelas pada mata Pelajaran IPA Kelas III di SDN 1 Adiwarno.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mengambil lokasi di SDN 1 Adiwarno. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil data penelitian yang diperoleh bahwa ada beberapa indikator yang telah dicapai guru dalam mengelola kelas di SDN 1 Adiwarno. Berdasarkan analisis data di SDN 1 Adiwarno dapat disimpulkan bahwa guru sudah melakukan beberapa indikator dalam mengelola kelas. Adapun indikator keterampilan guru antara lain yaitu menunjukan sikap tanggap kepada peserta didik, memusatkan perhatian kelompok kepada peserta didik, meberikan penguatan kepada peserta didik, meningkatkan ketertiban kepada peserta didik, mengajarakan perilaku baru dengan contoh dan pembiasaan kepada peserta didik, dan mendorong peserta didik untuk mengungkapkan perasaannya. Adapun faktor pendukung dari penelitian ini guru sudah mampu melaksanakan enam indikator yang telah dilaksanakan dengan baik sedangkan faktor penghambat dari penelitian ini yaitu ada empat indikator yang belum dicapai oleh guru karena guru belum mampu mengontrol siwa yang suka membuat kegaduhan di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 29 Oct 2024 01:20
Last Modified: 29 Oct 2024 01:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10265

Actions (login required)

View Item View Item