Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Keamanan Bertransaksi Menggunakan E-Banking Terhadap Kepercayaan Nasabah BSI KC Metro A Yani

Prananda, Viqi (2024) Keamanan Bertransaksi Menggunakan E-Banking Terhadap Kepercayaan Nasabah BSI KC Metro A Yani. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Viqi Prananda - 2003020045 - PBS.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Layanan E-Banking merupakan aplikasi yang berbasis elektronik sehingga rentan terhadap kejahatan cyber, banyaknya penipuan yang mengatasnamakan BSI menyebabkan nasabah khawatir dalam menggunakan layanan E-Banking, oleh sebab itu keamanan merupakan salah satu aspek terpenting dalam sistem layanan E-Banking BSI KC Metro A Yani. Apabila layanan E-Banking terjamin keamananya maka kepercayaan nasabah kepada layanan E-Banking akan semakin meningkat karena nasabah akan merasa nyaman dan aman dengan anggapan bahwa apa yang mereka harapkan dapat terpenuhi sehingga dapat menguatkan kepercayaan nasabah untuk tetap memilih E-Banking BSI KC Metro A Yani sebagai metode untuk bertransaksi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepercayaan nasabah terhadap keamanan bertransaksi menggunakan E-Banking di BSI KC Metro A Yani. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berfikir induktif.

Hasil penelitan pada BSI KC Metro A Yani menunjukkan bahwa BSI KC Metro A Yani sudah efektif dalam menerapkan keamanan dengan protokol keamanan sesuai dengan komponen keamanan Informasi yaitu CIA Traid Confidentiality, Integrity dan Availability. Selalu menggunakan jaringan yang aman saat bertransaksi, menggunakan aplikasi atau web resmi BSI, menganti sandi secara berkala dan selalu pastikan situs yang akan dikunjungi aman merupakan antisipasi bank yang disarankan kepada nasabah agar terhindar dari kejahatan cyber. Edukasi melalui media sosial, email dan platfrom aplikasi E Banking mengenai jenis penipuan yang beredar dan cara mengatasinya merupakan langkah positif untuk meningkatkan kepercayaan nasabah kepada layanan E Banking, dengan adanya edukasi tersebut nasabah dapat menambah pengetahuan dan wawasan terkait tindak penipuan.

Kata Kunci: E-Banking, Keamanan, Kepercayaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 29 Oct 2024 00:39
Last Modified: 29 Oct 2024 00:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10272

Actions (login required)

View Item View Item