Husnah, Feby Fitrya Wahdinal (2024) Peran Sertifikasi Halal Produk Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Di Dusun 2 Tulung Balak Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Feby Fitrya Wahdinal Husnah - 200301002 - ESy.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Indonesia merupakan Negara yang penduduknya sebagian besar beragama muslim. Kebutuhan akan produk halal sangat tinggi, kondisi ini dapat dijadikan kesempatan untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menghasilkan produk halal dan meningkatkan penjualannya. UMKM merujuk pada sektor usaha dengan sekala kecil atau menengah yang melibatkan jumlah karyawan terbatas, aset yang relatif kecil, dan volume penjualan yang tidak terlalu besar. Sertifikasi halal memiliki peran penting bagi pelaku UMKM karena dapat meningkatkan kepercayaan konsumen muslim dan memungkinkan produk atau layanan tersebut dapat masuk ke pasar yang lebih luas. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui manfaat sertifikasi halal bagi pelaku UMKM dan peran sertifikasi halal dapat meningkatkan penjualan bagi pelaku UMKM di Dusun 2 Tulung Balak Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran sertifikasi halal produk dalam meningkatakan penjualan UMKM di Dusun 2 Tulung Balak Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer pada penelitian ini yaitu pelaku usaha UMKM yang sudah tersertifikasi halal dan Konsumen UMKM. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel 4 pelaku UMKM dan 8 konsumen UMKM.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Peran Sertifikasi Halal Produk Terhadap Peningkatan Penjualan Pada UMKM Di Dusun 2 Tulung Balak memiliki peran dalam meningkatkan penjualan UMKM, dengan ini dapat dilihat dari omset dan juga keuntungan yang didapatkan oleh pihak pelaku UMKM. Dengan adanya sertifikasi halal ini banyak orang yang lebih percaya dan merasa nyaman untuk melakukan penjualan yang berimplikasi pada peningkatan penjualan. Dengan adanya sertifikasi halal UMKM lebih mudah dalam memasarkan produknya sehingga produknya dapat diterima dipasaran yang membuat UMKM mengalami peningkatan penjualan. UMKM tersebut dapat mencapai tingkat penjualan yang setelah tersertifikasi halal penjualan mencapai peningkatan dan mendapatkan laba yang dapat menunjang pertumbuhan UMKM.
Kata Kunci : Sertifikasi Halal, Penjualan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 00:41 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 00:41 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10280 |
Actions (login required)
View Item |