Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Islami Produk Kripik Tempe "Siger Mas" Guna Meningkatkan Minat Beli Konsumen di Kota Metro

Hervina, Suci (2024) Strategi Pemasaran Islami Produk Kripik Tempe "Siger Mas" Guna Meningkatkan Minat Beli Konsumen di Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
2003011097-Suci Hervina - Famuhan tara.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Siger Mas merupakan usaha industri yang memproduksi kripik tempe, dengan menciptakan bentuk kripik tempe koin. Saat ini banyak usaha kripik tempe serupa yang memproduksi olahan kripik tempe, hal ini menimbulkan adanya persaingan yang mengakibatkan Siger Mas harus mengatur strategi pemasaran agar produk yang diproduksi dapat diterima oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Islami yang dilakukan oleh kripik tempe Siger Mas untuk meningkatkan minat beli konsumen.

Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field reseach), sedangkan sifat penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi, wawancara diakukan kepada pemilik usaha Siger Mas, karyawan Siger Mas dan konsumen produk kripik tempe Siger Mas. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer adalah sumber data yang diperoleh secara langsung dari sumber data penelitian, sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari catatan,buku dan jurnal. Teknik yang digunakan dalam menentukan responden dalam penelitian menggunakan Teknik accidental sampling adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja konsumen yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel,

Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan maka dapat disimpulkan bahwa strategi Siger Mas masih menggunakan metode manual yaitu dengan cara langsung ke lapangan (direct selling), dari mulut ke mulut (word of mouth), dan menjelaskan secara langsung (personal selling) kepada para konsumen. Dalam strategi pemasaran Islami, pemilik usaha sudah memiliki karakteristik sifat tauladan pemasar Islami yang fathonah (cerdas), amanah (dapat dipercaya), sidiq (jujur) dan tabligh (mensyiarkan).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 29 Oct 2024 01:04
Last Modified: 29 Oct 2024 01:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10285

Actions (login required)

View Item View Item