Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kesetaraan Paket B Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Kota Metro

Saputro, M. Habib (2024) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kesetaraan Paket B Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
1. SKRIPSI M. Habib Saputro 1801012014 - M Habib Saputro.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran tertentu. Agar pembelajaran dapat berjalan dengan lebih efektif, maka guru memerlukan sebuah model pembelajaran yang tepat sehingga dapat mendukung proses pembelajaran.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Adakah Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kesetaraan Paket B Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Di Kota Metro?” Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kesetaraan Paket B Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Di Kota Metro. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling total. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, jenis observasi yang digunakan adalah observasi partisipasi aktif. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa, jenis tes yang digunakan yaitu tes objektif berupa pilihan ganda dengan jawaban alternative (a,b,c,d). Dokumentasi digunakan untuk mengetahui data Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Metro. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan rumus uji independent sample test. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh yang signifikan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kesetaraan Paket B Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Di Kota MetroBerdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelompok
eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata posttest kelompok pembanding. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji independent sample test menunjukkan bahwa diperoleh nilai Sig. (2tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 29 Oct 2024 01:05
Last Modified: 29 Oct 2024 01:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10286

Actions (login required)

View Item View Item