Wahyuni, Dwi Enggal (2024) Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Buku Bergambar terhadap perkembangan Moral Agama Anak RA al-Hidayah Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Bagi DWI ENGGAL WAHYUNI_2001040010 - Dwi enggal Wahyuni.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Aspek perkembangan moral dan agama adalah salah satu dimensi penting yang harus diperhatikan dalam pertumbuhan anak. Perkembangan nilai moral dan agama mencakup pemahaman anak-anak pada usia dini mengenai konsep perilaku yang benar dan salah, serta pemahaman tentang keberadaan tuhan dibuktikan dengan tingkah lakunya sehari-hari. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode bercerita menggunakan buku bergambar terhadap perkembangan moral agama anak.
Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental. Populasi penelitian ini yaitu seluruh murid RA Al-Hidayah yang terdiri dari Kelompk A,B1,B2 dan B3 dengan total jumlah keseluruhan anak. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Sampel yang digunakan adalah kelompok B3 sebanyak 18 anak sebagai kelas eksperimen dan kelompok B1 sebanyak 18 anak sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi berupa angket yang diisi oleh guru kelas masing-masing sebelum diberikan perlakuan atau pretest dan sesudah diberi treatmen atau posttest dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diterapkan adalah uji paired sample test dengan syarat bahwa data harus berdistribusi normal.
Temuan dari penelitian ini menunjukkan: (1) nilai rata-rata
perkembangan moral agama pretest sebelum diberikan treatmen untuk kelas eksperimen sebesar 2,5, sedangan kelas kontrol sebesar 2,44. (2) nilai rata-rata perkembangan moral agama pretest setelah diberikan treatmen untuk kelas eksperimen sebesar 3,39, sedangan kelas kontrol sebesar 2,89. (3) Hasil pengujian data menggunakan uji paired sampel test memperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < α 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh metode bercerita menggunakan buku bergambar terhadap perkembangan moral agama anak di RA Al-Hidayah Gunung Terang Lampung Timur pada kelas Eksperimen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 07:24 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 07:24 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10295 |
Actions (login required)
View Item |