Kesuma, Angga (2024) Analisis Strength dan Threats terhadap Strategi Pemasaran Syariah Usaha Remember-me di Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
ANGGA KESUMA - 2003011010.. - Angga Kesuma.pdf - Other Download (1MB) |
Abstract
Industri makanan dan minuman ringan di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat, termasuk di Kota Metro. Hal ini membuka peluang bagi usaha Remember-Me untuk berkembang dengan menerapkan strategi pemasaran syariah. Strategi pemasaran syariah dapat membantu usaha Remember-Me untuk menjangkau pasar yang lebih luas, terutama bagi konsumen muslim yang semakin sadar akan pentingnya nilai-nilai syariah dalam bertransaksi.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pemasaran syariah pada usaha Remember-Me Kota Metro dan 2) menganalisis strength dan threats terhadap strategi pemasaran di Remember-me Kota Metro. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitiannya bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir deduktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha kuliner Rimember-Me dalam menerapkan Strategi pemasaran syariah yang disesuaikan dengan hasil analisis kekuatan (strength) dan ancaman (threats) telah memenuhi karakter pemasaran syariah, dimana pihak Remember-Me telah melaksanakan karakter teistis (rabbaniyah) ciri khas marketing syariah yang bersifat religius dimana peroduk-produk yang di jual oleh Remember-Me telah bersertifikasi halal. Remember-Me juga telah melaksanakan karakter pemasaran syariah yang ke dua yaitu etis (akhlaqiyyah). Usaha Remember-Me telah menjaga etika dalam menjalankan usahanya yaitu dengan selalu menjaga kualitas setiap produk yang mereka jual. Remember-Me juga selalu menjaga kebersihan baik lokasi usahnya, kebersihan alat-alat untuk produksi, dan juga selalu menjaga kebersihan diri karyawannya. Hal ini menunjukan bahwa usaha Remember-Me telah melaksanakan karakter pemasaran yang ke tiga yaitu realistis (al-waqi‟iyyah). Remember-Me pun telah melaksanakan karakter pemasaran syariah yang terakhir yaitu humanitis (insaniyyah) tercermin melalui sikap karyawan maupun pemilik usaha Remember-Me yang selalu berusaha sebaik mungkin mengembangkan usaha ini. Selain itu, usaha Remember-Me melakukan proses pemasaran sesuai dengan prinsip syariah Islam seperti produk yang dijual oleh Remember-Me juga telah menerapkan harga yang termasuk murah, dan juga sudah melaksanakan promosi untuk menarik minat konsumen dengan baik, hal ini pun dapat menjadi kekuatan dalam mengembangkan usaha ini. Namun terdapat beberapa acaman yang dapat menghambat usaha ini yaitu kurangnya inovasi dari pihak RememberMe yang dapat menarik minat konsumen, kurang luasnya lokasi usaha Remember-Me sehingga dinilai kurang nyaman jika membeli produk Remember-Me saat kondisi ramai, dan terdapat banyak produk serupa yang di jual oleh brand usaha lain di Kota Metro ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 07:55 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 07:55 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10298 |
Actions (login required)
View Item |