Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Promosi BMT Assyafi'iyah Lampung Timur dalam Meningkatkan Munat Pedagang Pasar Sekampung terhadap Produk Wadi'ah

Maharanum, Diajeng (2024) Strategi Promosi BMT Assyafi'iyah Lampung Timur dalam Meningkatkan Munat Pedagang Pasar Sekampung terhadap Produk Wadi'ah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Dokumen dari Diajeng Maharanum - Diajeng Maharanum.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Pentingnya promosi pada BMT Assyafi’iyah adalah untuk
menyebarkan informasi, mempengaruhi dan meningkatkan sasaran atas perusahaaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. Akan tetapi sampai saat ini promosi pada BMT masih kurang maksimal di karnakan masih banyak masyarakat maupun pedagang pasar Sekampung yang belum mengetahui tentang produk yang di tawarkan pihak BMT. Sehingga banyak masyarakat yang belum berminat menggunakan produk pada BMT karna promosi yang dilakukan kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi BMT Assyafi’iyah lampung Timur dalam meningkatkan minat pedagang pasar Sekampung terhadap produk wadi’ah.
Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yaitu penelitian lapangan (field research). Untuk mengatahui peran promosi terhadap minat pedagang pasar sekampung dalam memilih produk wadi’ah di BMT Assyafi’iyah Lampung Timur. Sumber data yang di gunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data di lakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan analisis menggunakan cara berfikir induktif.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dalam mempromosikan produk wadi’ah BMT Assyafi’iyah Sekampung Lampung Timur belum melaksanakan keempat dari ke tujuh strategi promosi seperti sales promotion, digital marketing, public relation dan sponsor, dari ketujuh promosi BMT Assyafi’iyah hanya menerapkan ketiga strategi promosi seperti : Direct marketing, personal selling dan periklanan. Dari ketiga komponen tersebut periklanan dan personal selling merupakan komponen yang lebih efektif untuk mempromosikan produk wadi’ah di mana pihak BMT dapat berintraksi secara langsung dalam memberikan informasi dan dapat meyakinkan pedagang atau calon anggota menegenai produk simpanan wadi’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 01 Nov 2024 03:33
Last Modified: 01 Nov 2024 03:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10314

Actions (login required)

View Item View Item