Nuraeni, . (2024) Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Memotivasai Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Daarul Husna Pakuan Aji Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Dokumen dari Nuraeni - nur aeni.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Upaya Guru adalah salah satu kegiatan tenaga kepemdidikan dalam mendidik, membimbing, mengajar dan memberikan ilmu kepada peserta didik sesuai dengan kemampuan peserta didik miliki. Dalam hal ini, masih ada peserta didik yang kurang termotivasi untuk belajar mata pelajaran sejarah kebudayaan islam. Kebanyakan siswa malas untuk membacanya, sehingga dalam diri siswa tumbuh suatu kesan bahwa sejarah kebudayaan islam adalah mata pelajaran yang sulit untuk dipelajari. Selain itu, terdapat anak yang kurang termotivasi dalam belajar. Alasanya yaitu siswa kurang memahami tentang materi SKI yang terlalu banyak dan kurangnya konsentrasi belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Memotivasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Daarul Husna Pakuan Aji Lampung Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara yang dilakukan kepada guru dan siswa MTs Daarul Husna Pakuan Aji terkait upaya yang dilakukan oleh guru untuk memotivasi siswa. Observasi dan dokumentasi dilaksanakan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan upaya apa yang dilakukan oleh guru untuk memotivasi siswa Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui pengamatan dan triangulasi data. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahap mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahsan menunjukkan bahwa Upaya yang dilakukan oleh guru untuk memotivasi belajar siswa dilakukan dengan beberapa hal yaitu dengan Menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa diawal pembelajaran, penggunaan strategi atau metode pembelajaran yang digunakan dan penggunaan LCD pada saat menjelaskan materi. Pemberian nasehat dan pujian pada siswa, memberikan bentuk pujian atau hadiah kepada siswa, memberikan dorongan serta dampingan pada peserta didik, menciptakan suasana lingkungan dan peserta didik dikelas dengan bersih dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 02:12 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 02:12 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10321 |
Actions (login required)
View Item |