Putri, Vella Setyaning (2024) Persepsi Masyarakat Terhadap Bank Syariah Di 23A Karangrejo Metro Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Vella Setyaning Putri - 1804101094 - PBS.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Perkembangan perbankan syariah di Indonesia merupakan suatu perwujudan dari kebutuhan masyarakat yang menghendaki suatu sistem perbankan yang mampu menyediakan jasa keuangan yang sehat, juga memenuhi prinsip-prinsip syariah. Masyarakat umum mempunyai berbagai macam persepsi tentang Bank Syariah. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat 23A Karang Rejo Metro Utara Terhadap Bank Syariah.
Dalam penelitian ini, peneliti berusaha mengumpulkan sumber-sumber yang relevan sebagai dasar penelitian yaitu dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sesuai dengan penelitian yang bersifat kualitatif yakni suatu penelitian yang memfokuskan pada penelitian lapangan (Field Research). Dalam pengambilan sample wawancara, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Teknik Purposive sampling, yaitu peneliti mempunyai pendapat pribadi dalam memilih individu-individu yang akan menjadi sampel dengan pertimbangan tertentu. Wawancara dilakukan kepada masyarakat 23A Karangrejo Metro Utara yang mengikuti majelis taklim.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa persepsi masyarakat 23A Karangrejo Metro Utara terhadap Bank Syariah terbagi menjadi persepsi positif dan persepsi negatif. Persepsi positif masyarakat 23A Karangrejo Metro Utara adalah Bank Syariah memiliki kinerja yang baik dalam memberikan pelayanan. Persepi negatif 23A Karangrejo Metro Utara adalah masyarakat masih ragu dan takut menggunakan Bank Syariah karena belum mengetahui mengenai produk Bank Syariah dan belum mengetahui keberadaan Bank Syariah karena promosi yang masih kurang dilakukan oleh Bank Syariah. Hal tersebut dipengaruhi oleh tujuh faktor yang dapat mempengaruhi persepsi masyarakat 23A Karangrejo Metro Utara meliputi faktor sikap, faktor motivasi, faktor minat, faktor pengalaman, faktor harapan, faktor sasaran, dan faktor situasi.
Kata Kunci: Persepsi Masyarakat, Faktor Persepsi Masyarakat, Bank Syariah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 07:01 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 07:01 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10326 |
Actions (login required)
View Item |