Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Service Quality Dan Promosi Terhadap Keputusan Anggota Menabung Pada BMT Fajar Bina Sejahtera Cabang Metro

Hanah, Fadhilah Al (2024) Pengaruh Service Quality Dan Promosi Terhadap Keputusan Anggota Menabung Pada BMT Fajar Bina Sejahtera Cabang Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI FADHILAH AL HANAH - 2003021022 - PBS.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Service quality (kualitas pelayanan) adalah salah satu strategi manajemen pemasaran. Kualitas layanan telah menjadi sapek yang paling dominan dalam keberhasilan suatu organisasi. Promosi adalah salah satu kegiatan untuk menyampaikan informasi atau berkomunikasi antara penjual dan pembeli potensila yang bersifat menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk dan mengingatkan permintaan atas produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service quality dan promosi terhadap anggota menabung pada BMT Fajar Bina Sejahtera Cabang Metro.

Metode Penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer melalui angket atau kuesioner. Sampel dalam penelitian ini yang dihitung dengan rumus Slovin maka didapatkan 98 responden dengan menggunakan teknik sampling yaitu sampling insidental. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis regresi berganda menggunakan program SPSS versi 26.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa service quality berpengaruh singnifikan terhadap keputusan menabung. Hal ini dibuktikan pada analisis uji t yang diperoleh nilai sig sebesar 0,000 < 0,5 dan nilai thitung 5,506 > 1,661. Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung. Hal ini telah dibuktikan pada analisis uji t yang diperoleh nilai sig sebesar 0,000 < 0,5 dan nilai thitung 6,289 > 1,661. Service quality dan promosi secara simultan berpangaruh signifikan terhadap keputusan menabung. Hal ini dibuktikan pada analisis uji f yang diperoleh nilai fhitung 247,338 > 3,092.

Kata Kunci : Service Quality, Promosi dan Keputusan Menabung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 01 Nov 2024 02:05
Last Modified: 01 Nov 2024 02:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10328

Actions (login required)

View Item View Item