Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Anggota Sebagai Variabel Intervening Di BMT Assafiiyah KC Sekampung

Apriyanti, Sindi (2024) Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Anggota Sebagai Variabel Intervening Di BMT Assafiiyah KC Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SINDI APRIYANTI - 2003021058 - PBS.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Relationship Marketing merupakan proses membangun, memelihara, dan meningkatkan hubungan berkualitas yang kuat dengan pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya. Relationship Marketing merupakan cara bagi bisnis dengan pelanggan untuk membangun hubungan yang baik untuk mendapatkan kepercayaan, membangun loyalitas, menciptakan komunikasi yang efektif, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan. Loyalitas didefinisikan sebagai komitmen kuat untuk secara konsisten membeli kembali produk atau layanan pilihan dimasa depan, terlepas dari pengaruh situasi atau upaya pemasaran yang mengakibatkan pembelian ulang atas merek yang sama.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing terhadap kepuasan anggota di BMT Assafiiyah KC Sekampung, untuk mengetahui pengaruh kepuasan anggota terhadap loyalitas di BMT Assafiiyah KC Sekampung dan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas melalui kepuasan anggota di BMT Assafiiyah KC Sekampung. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota pembiayaan BMT Assafiiyah KC Sekampung yang berjumlah 187 orang. Sampel yang digunakan yaitu menggunakan rumus slovin sehingga hasil yang didapatkan berjumlah 65 orang. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan software SmartPLS 4.0.

Berdasarkan hasil penelitian, analisa data menggunakan uji boothstrapping (inner model) pada SmartPLS 4.0 dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu 1) Variabel relationship marketing (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota (Z) maka hipotesis H1 diterima. 2) Variabel kepuasan anggota berpengaruh positif terhadap loyalitas anggota(Y) maka hipotesis H2 diterima. Serta 3) Variabel relationship marketing (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas (Y) melalui kepuasan anggota (Z) maka hipotesis H3 diterima.

Kata Kunci: Relationship Marketing, Kepuasan Anggota, Loyalitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 01 Nov 2024 02:05
Last Modified: 01 Nov 2024 02:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10329

Actions (login required)

View Item View Item