Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pengembangan Entrepreneurship Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Bumi Ayu Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur

Yantina, Febri (2024) Strategi Pengembangan Entrepreneurship Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Bumi Ayu Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI FEBRI YANTINA - 2003011040 - ESy.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Desa Bumi Ayu, yang terletak di Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur, memiliki potensi ekonomi yang besar melalui berbagai usaha lokal yang dikelola oleh warganya. Salah satu contoh yang menonjol adalah usaha peternakan susu kambing Etawa Luruh Barokah dan usaha dekorasi pernikahan serta tarub Dirga Music/Decoration yang dimiliki oleh Bapak Basio. Usaha ini tidak hanya berfokus pada pemenuhan kebutuhan pasar, tetapi juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar yang dipekerjakan sebagai karyawan oleh Bapak Basio.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan entrepreneurship dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Bumi Ayu Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan entrepreneurship dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Bumi Ayu Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur yang dilakukan oleh Bapak Basio yaitu: pertama, Bapak Basio fokus pada pengembangan produk dengan meningkatkan kualitas dan diversifikasi, seperti susu kambing murni dalam berbagai varian rasa dan dekorasi pernikahan yang mengikuti tren terbaru. Kedua, strategi kemitraan yang melibatkan warga sekitar sebagai mitra peternak dan kerjasama dengan vendor lain untuk menyediakan paket pernikahan yang lengkap. Ketiga, pendekatan pelatihan karyawan secara praktis untuk meningkatkan keterampilan dan tanggung jawab karyawan. Kemudian yang terakhir yaitu strategi pemasaran melalui media sosial, pameran, dan promosi dari mulut ke mulut untuk memperluas pasar dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Kombinasi dari strategi ini telah membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui usaha-usaha yang dijalankan oleh Bapak Basio.

Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Entrepreneurship, Kesejahteraan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 01 Nov 2024 02:06
Last Modified: 01 Nov 2024 02:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10332

Actions (login required)

View Item View Item