Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Persaingan Terhadap Pendapatan Toko Mulyojati Berkah Makmur Metro Barat

Azizah, Alipiyah Nur (2024) Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Persaingan Terhadap Pendapatan Toko Mulyojati Berkah Makmur Metro Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ALIPIYAH NUR AZIZAH - 2003010004 - ESy.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Harga mempengaruhi pendapatan dalam melakukan pembelian konsumen, karena semakin tinggi harga maka pendapatan semakin rendah, sebaliknya apabila harga rendah maka pendapatan berubah semakin tinggi. Kualitas produk juga salah satu indikator penting bagi perusahaan untuk dapat dikenal oleh masyarakat di tengah ketatnya persaingan dalam inustri. Kualitas produk yang juga berperan penting dalam menarik konsumen. Persaingan mempengaruhi pendapatan karena dengan banyaknya pesaing, harga produk sering kali turun yang bisa mengurangi pendapatan perunit, meskipun meningkatkan volume penjualan. Di sisi lain, tingkat persaingan yang tinggi mempengaruhi strategi penetapan harga dan kualitas yang ditawarkan, yang pada akhirnya berdampak pada pendapatan Toko Mulyojati Berkah Makmur Metro Barat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk dan persaingan terhadap pendapatan Toko Mulyojati Berkah Makmur. Pada penelitian ini digunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji regresi linier berganda, pengolahan data menggunakan program SPSS.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh terhadap pendapatan dengan nilai 2,262 > 1,995. kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap pendapatan dengan nilai 6,545 > 1,995. persaingan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan dengan nilai signifikan 2,322 > 1,995. Diperoleh R Square sebesar 0,865 hal ini menunjukan bahwa 86,5% variabel pendapatan dapat dijelaskan oleh variabel harga, kualitas produk dan persaingan, sedangkan sisanya sebesar 13,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Kata kunci: Harga, Kualitas Produk, Persaingan dan Pendapatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 01 Nov 2024 02:07
Last Modified: 01 Nov 2024 02:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10346

Actions (login required)

View Item View Item