Astuti, Maya Dwi (2024) Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak melalui Penggunaan Boneka Tangan pada Anak Kelompok B di PAUD Kober Perintis Desa Bogatama Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
fix skripsi maya - Maya dwi Astuti.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Keterampilan berbicara pada anak di PAUD Kober Perintis masih belum optimal. Belum optimalnya keterampilan berbicara anak dikarenakan masih sedikit kesempatan bagi anak mengungkapkan maksud (ide, pikiran, gagasan, dan perasaan) melalui komunikasi lisan, metode pembelajaran masih kurang bervariasi sehingga anak cepat merasa jenuh atau bosan mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B melalui media boneka tangan Di PAUD Kober Perintis Desa Bogatama Kabupaten Tulang Bawang dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara anak melalui penggunaan boneka tangan pada anak kelompok B di PAUD Kober Perintis Desa Bogatama Kabupaten Tulang Bawang.
Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini sebanyak 10 anak yang terdiri dari 3 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah keterampilan berbicara melalui media boneka tangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (lembar observasi), dan dokumentasi (catatan-catatan selama proses kegiatan berlangsung, gambar atau foto, dan RKH). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila keterampilan berbicara anak telah mencapai 75% dengan kriteria berkembang sesuai harapan.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa media boneka tangan dapat meningkatkan Kemampuan Berbicara anak di PAUD Kober Perintis Desa Bogatama Tulang Bawang. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan Kemampuan Berbicara anak pada setiap siklusnya. Pada prasiklus belum ada anak yang berkembang sangat baik (BSB), pada siklus pertama anak yang berkembang sangat baik (BSB) dengan presentase 50%, sedangkan di siklus I mengalami peningkatan dengan presentase 80%.
Kesimpulan yang dapat ditarik adalah melalui media boneka tangan dapat meningkatkan Kemampuan Berbicara anak di PAUD Kober Perintis Desa Bogatama Tulang Bawang dan berkembang sangat baik (BSB) dar prasiklus, siklus dan siklus I meningkat sebanyak 30%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 01:43 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 01:43 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10349 |
Actions (login required)
View Item |