Fatmawati, Rizka Fadilah (2024) Peningkatan Kemampuan Membaca Hijaiyah Kelompok B melalui Media Audiovisual Berbasis Game Edukasi Marbel Mengaji di TK Pertiwi Kota Raman. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Fix RIZKA FADILAH FATMAWATI - Rizka Fadilah Fatmawati.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Kemampuan membaca yang diperkenalkan pada anak di TK bukan hanya pengenalan pada huruf latin melainkan juga huruf hijaiyah. Proses pembelajaran huruf hijaiyah membutuhkan media yang bervariatif dan interaktif agar anak tidak mudah bosan. Guru perlu menciptakan suasana dan penerapan model pembelajaran yang aktif inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan bagi anak untuk meningkatakan ketertarikan dan menghilangkan kebosanan.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan huruf hijaiyah melalui media audiovisual game Marbel Mengaji di TK Pertiwi Kota Raman. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak TK Pertiwi Kota Raman berjumlah 15 anak terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh terjadi peningkatan antara sebelum dan sesudah pembelajaran melalui game edukasi Marbel Mengaji. Pada kondisi awal menujukan anak pada kategori Belum Berkembang (BB) sebesar 40%, kategori Mulai Berkembang (MB) sebesar 40%, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebesar 20%, dan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sama dengan 0%. Pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan membaca hijaiyah kelompok B melalui game edukasi Marbel Mengaji. Anak dengan kategori Belum Berkembang (BB) sama dengan 0%, kategori Mulai Berkembang (MB) sebesar 53%, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebesar 47%, dan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sama dengan 0%. Pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan membaca hijaiyah kelompok B melalui game edukasi Marbel Mengaji. Anak dengan kategori Belum Berkembang (BB) sama dengan 0%, kategori Mulai Berkembang (MB) sebesar 20%, kategori Berkembang Sesuai Harapan dan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebesar 80%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 00:56 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 00:56 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10350 |
Actions (login required)
View Item |