Ardiyan, Fabio (2024) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas VIII MTS Ma'arif NU 05 Sekampung Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
FABIO ARDIYAN-1701010116 - fabio ardiyan.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di lapangan berkaitan dengan hasil belajar siswa di MTs MA’ARIF NU 05 SEKAMPUNG LAMPUNG TIMUR. Masih terdapat beberapa siswa yang memiliki hasil belajar yang tergolong rendah. Kriteria Ketuntas Minimum (KKM) mata pelajaran fikih untuk jenjang SMP adalah 75, sedangkan dari total 21 siswa yang menjadi sampel penelitian sebagian besar belum lulus atau nilai tidak mencapai KKM yang telah ditentukan. Padahal guru sudah membangun motivasi belajar mereka, seperti selalu memberi pujian dan juga memberikan motivasi berupa kata-kata yang dapat memacu semangat mereka dalam belajar.
Berdasarkan permasalahan diatas, dapat diketahui bahwa masih terdapat permasalahan tentang rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan analisa penulis pemberian motivasi yang diberikan oleh guru fikih masih kurang. Guru hanya sekedar memberi pujian kepada siswa dalam pelajaran dan juga memberikan motivasi berupa kata-kata. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh motivasi belajar fikih terhadap hasil belajar fikih siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 05 Sekampung Lampung Timur.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat asosatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 128 siswa kelas VIII di MTs Ma’arif NU 05 Sekampung yang terdiri dari kelas 4 Kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 21 siswa VIII di MTs Ma’arif NU 05 Sekampung. Alasan penulis mengambil sampel ini, dikarenakan siswa tersebut memiliki hasil belajar yang lebih rendah di bandingkan dengan siswa lainnya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus pearson correlation product moment yang dianalisis menggunakan bantuan SPSS V.26.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Ada “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif NU 05 Sekampung Lampung Timur”. Dengan dibuktikan dari hasil analisis penelitian yang penulis lakukan memperoleh hasil rhitung > dari rtabel, (0,753 > 0,4329), maka hasil tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya ada Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif NU 05 Sekampung Lampung Timur. Berdasarkan tabel pedoman interpretasi tingkat korelasi variabel x terhadap y dalam penelitian ini tergolong kuat dengan koefisien determinasi (tingkat pengaruh) sebesar 56,7%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 01:02 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 01:02 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10353 |
Actions (login required)
View Item |