Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Manajemen Pelayanan Kesehatan Jama’ah Haji Dalam Meningkatkan Service Quality Di Dinas Kesehatan Provinsi Lampung

Mukminin, Ridho Afrian (2024) Analisis Manajemen Pelayanan Kesehatan Jama’ah Haji Dalam Meningkatkan Service Quality Di Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Ridho Afrian Mukminin_2003042005.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Dinas Kesehatan Provinsi Lampung merupakan salah satu instansi yang berperan dalam penyelenggaraan ibadah haji di Provinsi Lampung. Dalam hal ini Dinas Kesehatan Provinsi Lampung bertugas memberikan pelayanan Kesehatan kepada jama‘ah haji di Provinsi Lampung. Namun, dalam proses pelaksanaannya masih di temukan berbagai kendala dalam proses pemberian pelayanan kepada jama‘ah haji Provinsi Lampung salah satu nya bertambahnya Tingkat kematian di tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan adanya kenaikan biaya perjalanan ibadah haji (BIPIH) Sehingga, banyak jama‘ah haji yang tidak dapat melunasi biaya tersebut. Oleh karena itu jama‘ah yang dapat
melunasinya maka, jama‘ah tersebut akan berangkat tanpa menerapkan status istithaah yang ketat.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana manajemen pelayanan Kesehatan dalam menerapkan istithaah kepada jama‘ah haji yang ada di Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, kualitatif merupakan penelitian lapangan yang memiliki sifat deskriptif analisis yang menggambarkan secara jelas data yang diteliti. Sampel yang digunakan yaitu 8 jama‘ah haji Provinsi Lampung Tahun 2023 dengan menggunakan Teknik pengambilan sampel yaitu snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Data yang diolah berupa naratif kata yang didapatkan dari hasil wawancara dan tidak menggunakan angka.

Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa Dinas Kesehatan Provinsi Lampung telah menerapkan 5 Dimensi Service Quality dalam memberikan pelayanannya kepada jama‘ah haji Provinsi Lampung. Kelima dimensi tersebut meliputi: Tangibles (Bukti Langsung), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), dan Emphaty (Empati) sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal dan dapat meningkatkan service quality kepada jama‘ah haji Provinsi Lampung. Namun, ada beberapa hal yang menjadi kendala dan berada diluar kendali Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.
Kata Kunci : Service Quality, Manajemen, Kesehatan jama’ah haji

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Haji dan Umroh
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Haji dan Umroh
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 18 Nov 2024 04:19
Last Modified: 18 Nov 2024 04:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10358

Actions (login required)

View Item View Item