Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kemudahan Penggunaan E-Wallet Terhadap Impulse Buying Pada Generasi Z (Di SMA Negeri 2 Tegineneng)

Febriyanti, Anisa (2024) Pengaruh Kemudahan Penggunaan E-Wallet Terhadap Impulse Buying Pada Generasi Z (Di SMA Negeri 2 Tegineneng). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Anisa Febriyanti - 2003021010 - PBS.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Teknologi digital yang semakin canggih membawa pengaruh besar pada bidang ekonomi. Salah satu kemajuan itu ialah penggunaan e-wallet. E-wallet merupakan metode pembayaran berbasis fintech (financial technology) yang dapat digunakan dengan jaringan internet pada handphone kapanpun dan dimanapun. Akan tetapi efek yang dirasakan dari hadirnya e-wallet ialah impulse buying. Fenomena impulse buying menjadi sebuah perhatian utama. Pembelian impulse buying mencerminkan keputusan berbelanja yang dilakukan tanpa adanya pertimbangan matang, seringkali dipicu oleh adanya dorongan emosional atau adanya tawaran diskon yang menggoda. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui bagaimana Pengaruh Kemudahan Penggunaan E-Wallet Terhadap Impulse Buying Pada Generasi Z (Di SMA Negeri 2 Tegineneng).

Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswi SMA Negeri 2 Tegineneng tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah keseluruhan siswi 271 . Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 74 siswa yang dihitung menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden dan wawancara semi struktur untuk melengkapi penelitian yang dibutuhkan. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS versi 29.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh kemudahan penggunaan e-wallet terhadap impulse buying yang dibuktikan melalui uji t. Hasil uji t memperoleh nilai thitung sebesar 2,007 dan nilai koefesien kemudahan penggunaan e-wallet menunjukkan angka positif dengan nilai signifikasi sebesar 0,005 < 0,05. Kemudahan penggunaan e-wallet berpengaruh terhadap impulse buying sebesar 27,4%. Sedangkan sisanya sebesar 100%  76.7% = 23,3% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci: E-wallet, Generasi-Z, Impulse Buying

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:43
Last Modified: 19 Nov 2024 02:43
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10375

Actions (login required)

View Item View Item