Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Memilih Bimbingan Haji Dan Umroh Di KBIHU Sunan Kalijaga

Izzudin, Muchlis (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Memilih Bimbingan Haji Dan Umroh Di KBIHU Sunan Kalijaga. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Muchlis Izzudin - 1804011009 - MHU.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Layanan bimbingan haji yang diselenggarakan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Sunan Kalijaga berperan penting dalam mempersiapkan jamaah haji untuk menjalankan ibadah dengan baik, namun beberapa jamaah haji menunjukkan adanya kendala dalam pelaksanaan layanan ini. Beberapa jamaah mengeluhkan ketidakjelasan informasi terkait jadwal keberangkatan dan bimbingan yang cenderung berubah-ubah, serta lambatnya penanganan keluhan terkait fasilitas selama di tanah suci. Selain itu, jamaah lanjut usia merasa bahwa bimbingan yang diberikan kurang memperhatikan kebutuhan khusus mereka, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dalam menjalani proses persiapan haji. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan memilih bimbingan haji dan umrah KBIHU Sunan kalijaga, dan 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayan terhadap keputusan memiih bimbingan haji dan umroh KBIHU Sunan Kalijaga.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan model pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 90 responden, dengan masyarakat di jamaah haji di KBIHU Sunan Kalijaga sebagai sampel penelitian. Kemudian data diolah menggunakan SPSS versi 25. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: uji instrument, analisis linier sederhana, dan pengujian hipotesis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap keputusan memilih bimbingan haji dan umrah di KBIHU Sunan Kalijaga. Analisis regresi menunjukkan bahwa peningkatan kualitas pelayanan sebesar 1% akan meningkatkan keputusan memilih sebesar 0,468, menegaskan hubungan positif antara kedua variabel. 2) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan memilih bimbingan haji dan umroh di KBIHU Sunan Kalijaga sangat signifikan. Berdasarkan uji R Square atau R2 menunjukkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,848, yang mana jika dikalikan 100% menjadi 84,8%, artinya bahwa variabel independen yang diteliti memiliki pengaruh 84,8 % terhadap variabel Keputusan Memilih, sedangkan 15,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Keputusan Memilih, Bimbingan Haji dan Umroh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Haji dan Umroh
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Haji dan Umroh
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:17
Last Modified: 19 Nov 2024 01:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10389

Actions (login required)

View Item View Item