Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar Siswa MI Bustanul Ulum

Zumaro, Nailatuz (2024) Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar Siswa MI Bustanul Ulum. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
NAILATUZ ZUMARO - 2001031022 - Nailatuz Zumaro.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan sagat penting untuk menghasilkan individu yang berkualitas. Selain itu, pendidikan dianggap sebagai cara untuk membentuk generasi yang cerdas, kreatif, terampil, bertanggung jawab, produktif, dan berbudi pekerti luhur. Proses pembelajaran tidak terlepas dari media, metode, dan hasil belajar. Media dapat digunakan sebagai cara guru memberikan bahan ajar kepada siswa, sementara metode belajar mengatur bagaimana bahan ajar disusun dan disampaikan. Pada kelas V tepatnya di MI Bustanul Ulum ditemukan bahwa hasil belajar pada pembelajaran IPA dan Bahasa Indonesia kurang memuaskan atau belum memenuhi kkm. Hal itu sejalan dengan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti. Ternyata terdapat beberapa kendala pada proses belajar mengajar yaitu kurang aktifnya siswa ketika proses KBM berlangsung.

Berdasarkan rumusan masalah diatas penelitian ini menggunakan pendekatan saintifik yang melibatkan siswa untuk aktif dan terjun langsung untuk mengatasi masalah, Sedangkan media video membantu siswa agar pembelajaran dalam kelas terasa lebih menyenangkan.

Jenis peneliian ini yaitu menggunakan Pre-eksperimen one groub pretest posttest desain. Penelitian ini membandingkan antara nilai siswa sebelum diberi perlakuan dan nilai siswa setalh diberi perlakuan. Populasi pada penelitian ini yaitu kelasV MI Bustanul Ulum jenis sampel yang diambil pada penelitian ini adalah sampling jenuh dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes kemudian dianalisis dengan uji-t, sebelumnya tes tersebut diuji dengan uji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pendekatan saintifik berbantuan media vidio terhadap hasil belajar tematik kelas V MI Bustanul Ulum. dengan perhitungan uji-T menggunakan SPSS diperoleh hasil nilai Sig 0.000 < 0.05 maka H0 ditolak, H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan saintifik berbantuan media vidio terhadap hasil belajar tematik kelas V MI Bustanul Ulum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 26 Nov 2024 04:10
Last Modified: 26 Nov 2024 04:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10407

Actions (login required)

View Item View Item