Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Wisata TMII di Kota Metro

Yanti, Mirna Desi Ana (2024) Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Wisata TMII di Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
MIRNA DESI ANA YANTI_2003011063 - Mirna Desi Ana Yanti.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan hal terpenting yang harus dicapai dalam suatu layanan. Hal ini dikarenakan apabila para pelanggan tidak puas dengan layanan yang telah diberikan maka akan berdampak pada pelanggan yang tidak loyal terhadap tempat wisata. Agar pelanggan merasa puas dan tidak berpindah ke tempat lain, maka tempat wisata TMII harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggannya. Oleh karna itu, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana tanggapan pengunjung tentang harga, dan kualitas pelayanan dan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.

Pendekatan penelitian pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument angket dengan sekala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan tempat wisata TMII Kota Metro dan menggunakan teknik sampling teknik random sampling. Diperoleh sampel sebanyak 91 responden. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan penguji asumsi klasik dan asumsi hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada tempat wisata TMII Kota Metro dengan nilai thitung 4.888> ttabel 1,987 pengaruh tersebut sebesar 27%. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada tempat wisata TMII Kota Metro dengan nilai thitung 2.502> ttabel 1,987 pengaruh tersebut sebesar 13%. Dan secara simultan terdapat pengaruh antara harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai Fhitung 29.240> Ftabel 3.10 pengaruh tersebut sebesar 40% sedangkan sisanya sebesar 60% kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 12 Dec 2024 01:33
Last Modified: 12 Dec 2024 01:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10408

Actions (login required)

View Item View Item