Silfia, Maya (2024) Pengaruh Kemudahan dan Pemahaman terhadap Minat Beli Menggunakan Shopeepay pada Aplikasi Shopee di Desa Rejo Agung Kecamatan Tigeneneng Kabupaten Pesawaran. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
MAYA SILFIA - 1704100148 - Maya silfia.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Keingingan dalam memenuhi kebutuhan akan selalu diusahakan manusia dalam memenuhi keinginan yang dibutuhkan. Hadirnya teknologi dalam rangka mempermudah masyarakat dalam melalukan transaksi disinyalir mampu meningkatkan minat beli masyarakat. Kemudahan dan pemahaman menjadi faktor utama dalam mendukung minat beli masyarakat. Semakin tinggi tingkat kemudahan dan pemahaman masyarakat mengenai teknologi akan mempengaruhi minat beli masyarakat.
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kemudahan dan manfaat terhadap minat beli menggunakan Shopeepay pada aplikasi Shopee di Desa Rejo Agung Kecamatan Tigeneneng Kabupaten Pesawaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan sifat penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 79 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian mengenai pengaruh kemudahan (X1) dan pemahaman (X2) terhadap minat beli (Y) menggunakan Shopeepay pada aplikasi Shopee di Desa Rejo Agung Kecamatan Tigeneneng Kabupaten Pesawaran dapat disimpulkan bahwa : 1) Kemudahan (X1) berpengaruh terhadap minat beli (Y) menggunakan Shopeepay pada aplikasi Shopee. Hasil uji T pada variabel kemudahan (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 4,876 artinya thitung > ttabel (4,876 > 1,701). 2) Pemahaman (X2) berpengaruh terhadap minat beli (Y) menggunakan Shopeepay pada aplikasi Shopee. Hasil uji T pada variabel pemahaman (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 3,165 artinya thitung > ttabel (3,165> 1,701). 3) Kemudahan (X1) dan pemahaman (X2) berpengaruh secara simultan terhadap minat beli (Y) menggunakan Shopeepay pada aplikasi Shopee.
Hasil uji simultan terdiri dari variable kemudahan (X1) dan pemahaman (X2) diperoleh nilai Fhitung sebesar 303,256. Artinya Fhitung > Ftabel (303,256 > 1,47). Artinya terdapat pengaruh secara simultan antara variabel kemudahan (X1) dan pemahaman (X2) terhadap minat beli (Y) menggunakan Shopeepay di Desa Rejo Agung Kecamatan Tigeneneng.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 02:36 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 02:36 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10411 |
Actions (login required)
View Item |