Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Tanaman Hias Di Kota Metro

Saputra, Rofi Alfaris (2024) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Tanaman Hias Di Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Rofi Alfaris Saputra - 1804041147 - ESy.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Tanaman hias adalah tanaman yang fungsi utamanya adalah sebagai penghias. Fungsi penghias dimaksudkan sebagai pemberi keindahan dan menarik atau bisa dinikmati secara visual, baik yang ditanam di halaman maupun yang berada di ruangan. Tanaman hias menjadi salah satu hobi yang cukup banyak diminati oleh masyarakat Kota Metro. Selain itu letak posisi Kota Metro yang strategis menjadikannya sebagai daerah yang penting dalam sistem perhubungan antar wilayah (kabupaten/kota) di sekitarnya. Mobilitas masyarakat yang melalui Metro sebagai daerah transit atau tujuan kegiatan yang relatif tinggi menandakan Metro memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat. Hal tersebut menjadikan tanaman hias sebagai salah satu bentuk peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk dikembangkan. Namun Tidak seperti era covid 19 kemarin, dimana tanaman hias menjadi salah satu produk yang sangat di gemari oleh masyarakat karena masyarakat banyak ada di rumah karena adanya sosial distancinng dan WFH (Work From Home). Akan tetapi setelah new era saat ini, dimana covid 19 seakan-akan sudah bersahabat dengan kita dan masyarakat sudah dapat menjalankan aktivitas mereka masing-masing seperti biasanya tanpa adanya pembatasan social distancing, dan membuat minat beli masyarakat atas tanaman hias semakin menurun. Dikarenakan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut upaya apa saja yang dilakukan oleh para pedagang tanaman hias untuk meningkatkan omset penjualan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk upaya pedagang tanaman hias dalam meningkatkan jumlah omset jual beli tanaman hias.

Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian field research atau peneilitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Setelah data seluruh data terkumpul dan dianalisis dengan metode berfikir induktif.

Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan, dapat diketahui bahwasanya ada beberapa bentuk upaya para penjual tanaman hias untuk meningkatkan omsetnya, yaitu dalam proses produksi/budidaya petani hanya memfokuskan pada beberapa jenis tanaman hias saja. untuk proses distribusi, mayoritas pedagang tanaman hias di kota metro menggunakan proses distribusi Breeder-Nurseri-Konsumen. Proses distribusi tersebut cukup dinilai paling menguntungkan bagi para pengusaha tanaman hias. Adapun upaya/strategi yang dilakukan yakni menjaga kualitas tanaman hias, menyediakan beragam jenis produk Tanaman hias, melakukan promosi melalui media social, menjalankan kemitraan dengan para sesama vii penjual/petani tanaman hias serta memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen. Bentuk upaya/Strategi yang dilakukan diatas dapat mempengaruhi dan meningkatkan jumlah omset penjualan para penjual tanaman hias di Kota Metro.

Kata Kunci: Tanaman Hias, Covid 19, Omset, Strategi Usaha

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:26
Last Modified: 19 Nov 2024 01:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10429

Actions (login required)

View Item View Item