Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peranan Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di SMP Karya Bhakti Lampung Timur

Vitriana, Evi (2017) Peranan Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di SMP Karya Bhakti Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI EVI VITRIANA_NPM. 1398381.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara.Dalam kegiatan belajar yang dilakukan peserta didik tidaklah selalu lancar dan sesuai seperti yang diharapkan. Kadang-kadang mereka mengalami kesulitan atau hambatan dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Tapi tidak semua peserta didik yang mengalami kesulitan belajar bidang studi pendidikan agama Islam. Berbagai kesulitan belajar bidang studi pendidikan agama islam yang dialami peserta didik antara lain: kesulitan dalam membaca, menulis dan menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur’an, sulit dalam mempraktekkan gerakan-gerakan shalat secara sempurna dan menghafalkan bacaan-bacaan shalat, serta kurangnya pemahaman dan pengamalan materi. untukdalam setiap kegiatan proses belajar mengajar, guru bidang studi pendidikan agama Islam selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi peserta didiknya dengan cara memilih metode dan pendekatan belajar yang baik, sehingga peserta didik termotivasi untuk selalu rajin dan tekun belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa penting peran guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di SMP Karya Bhakti Lampung Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap guru PAI dan peserta didik. Sedangkan analisis data, peneliti menggunakan model interaktif yang terdiri dari tiga komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.

Berdasarkan hasil temuan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ; peran guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik sudah baik, guru berperan sebagai fasilitator dan menjadikan peserta didik sebagai anaknya sendiri, sehingga guru dapat dengan mudah menjadi tauladan bagi peserta didik. guru dalam perannya mengatasi kesulitan belajar peserta didik dengan cara pendekatan personal, memilih dalam menggunakan metode dan media pembelajaran, serta melakukan bimbingan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Faktor yang mendukung adalah lingkungan sekolah yang ditunjang fasilitasnya, terdapat peserta didik yang melakukannya, sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah faktor peserta didik, orangtua dan media massa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Jan 2020 01:47
Last Modified: 17 Jan 2020 01:47
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1043

Actions (login required)

View Item View Item