Lestari, Riska Dwi (2024) Identifikasi Bangunan Cagar Budaya Sebagai Media Belajar Siswa di Kota Metro Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Riska Dwi Lestari - 2101071018 - T. IPS.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tempat-tempat bersejarah di kota Metro sebagai pembelajaran bagi siswa dalam mengembangkan intelektual berkarakter, meningkatkan kesadaran siswa mengenai sejarah lokal, mengintegrasikan sejarah lokal pada mata pelajaran sejarah, dan menggunakan sumber daya lokal sebagai sumber pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang di dalamnya merupakan sebuah metode dengan menghimpun data-data serta informasi baru. Data diperoleh dengan mengumpulkan berbagai sumber literatur seperti buku, jurnal, wawancara, dan artikel hasil penelitian secara online yang sesuai dengan masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana pembelajaran sangat membantu dalam kegiatan belajar mengajar siswa, seperti misalnya bangunan cagar alam. Bangunan cagar alam merupakan susunan binaan yang mana tersusun dari benda alam maupun benda yang dibuat manusia. Supaya nantinya bisa memenuhi kebutuhan baik dalam ruangan dinding maupun tidak berdinding dan beratap. Serta siswa akan mengetahui lebih luas lagi terkait sejarah cagar budaya dan mampu mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari
Kata Kunci: Cagar Budaya; Kolonisasi; Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 01:27 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 01:27 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10430 |
Actions (login required)
View Item |