Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sekampung

Sari, Ratna (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Ratna Sari - 2101070012 - T. IPS.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang berlangsung di SMP Negeri 1 Sekampung pada mata pelajaran IPS masih banyak siswa dengan sikap sosial rendah. Selain itu permasalahan terkait dengan penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru belum relevan dalam mencapai sikap sosial siswa. Siswa kurang berkonsentrasi dan pasif saat pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan diadakannya penelitian ini untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh model Project Based Learning terhadap sikap sosial siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Sekampung.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sekampung dengan jumlah 193 siswa. Bentuk pengambilan sampel dengan Cluster Sampling yaitu kelas eksperimen VIII.5 berjumlah 32 siswa dan kelas kontrol kelas VIII.4 berjumlah 32 siswa.

Berdasarkan analisis data dari pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh terhadap sikap sosial siswa. Model pembelajaran Project Based Learning membuat siswa menjadi lebih aktif,kreatif dan lebih bersemangat dalam proses pembelajaran. Selain itu selama proses pembelajaran ini siswa terlihat saling sopan santun dalam berpendapat, bekerjasama dan bergotong royong, Siswa jujur dalam kelompok masing-masing, disiplin dalam mengerjakan proyek. Hal tersebut tentu akan menjadikan pembelajaran lebih baik dan dapat meningkatkan sikap sosial siswa. Dengan demikian pada penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Project Based Learning terhadap sikap sosial pada mata pelajaran IPS pada kelas VIII SMP Negeri 1 Sekampung.

Kata Kunci : Project Based Learning, Sikap Sosial, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 19 Nov 2024 03:11
Last Modified: 19 Nov 2024 03:11
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10431

Actions (login required)

View Item View Item