Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Membaca Al Qur’an Pada Anak Di TPQ Assya’roniyyah Teluk Dalem Mataram Baru

Umah, Ayu Walidatul (2024) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Membaca Al Qur’an Pada Anak Di TPQ Assya’roniyyah Teluk Dalem Mataram Baru. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Ayu Walidatul Umah - 2101013002 - PAI.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Media audio visual adalah sebuah perantara untuk menyampaikan pesan melalui suara dan gambar, guna untuk lebih mempermudah agar pesan itu lebih cepat diterima. kemampuan membaca adalah kemampuan menafsirkan simbol yang tertulis (huruf) menjadi kata-kata, Al Qur’an adalah kalamullah berupa mukjizat yang di turunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan melalui perantara malaikat Jibril. kemampuan membaca Al Qur’an dengan baik apabila bisa menguasai tiga kreteria dalam membaca Al Qur’an yaitu fashih, menguasai tajwid , dan membaca nya dengan tartil.

Identifikasi masalah pada penelitian ini Pembelajaran membaca Al Qur’an di TPQ Assya’roniyah sudah berjalan namun belum mencapai hasil yang maksimal, Anak-anak ada yang belum jelas mengucapkan makhorijul hurufnya,Anak-anak ada yang belum bisa menjelaskan bacaan idzhar, iqlab dan ikhfa yang benar. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah Media audio visual dalam penelitian ini adalah jenis media audio visual gerak berupa DVD, penelitian ini dilakukan di kelas 6 TPQ. Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuaan membaca Al Qur’an pada anak di TPQ Assya’roniyah Teluk Dalem Mataram Baru?”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuaan membaca Al Qur’an pada anak di TPQ Assya’roniyah Teluk Dalem Mataram Baru. Hipotesis yang peneliti ajukan sebagai jawaban sementara dalam penelitian ini adalah “Ada pengaruh antara penggunaan media audio visual terhadap kemampuan membaca Al Qur’an di TPQ Assya’roniyah Teluk Dalem Mataram Baru”

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak TPQ kelas VI yang berjumlah 40 anak, pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (quesioner) dan dokumentasi. Angket ini digunakan untuk mendapat data tentang pengaruh media audio visual, dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan dokumentasi nilai anak serta profil TPQ Assya’roniyyah. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi pearson product moment.

Berdasarkan analisisnya, data yang diperoleh menggunakan perhitungan rumus Korelasi Pearson Product Moment oleh peneliti didapatkan nilai Korelasi Product Moment rhitung (rxy) sebesar 0,960 sedangkan rtabel pada tabel dengan taraf signifikansi 5% adalah sebesar 0,320. Berdasarkan hasil tersebut maka nilai rhitung (rxy) lebih besar dari pada nilai rtabel sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan kemampuaan membaca Al Qur’an pada anak di TPQ Assya’roniyah Teluk Dalem Mataram Baru, media audio visual gerak menjadi salah satu faktor dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak, oleh karena itu peneliti menyarankan bahwa penggunaan media ini dapat terus digunakan sebagai salah satu alternatif media dalam belajar membaca Al Qur’an.

Kata Kunci: Media audio visual, kemampuan membaca Al Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 26 Nov 2024 01:24
Last Modified: 26 Nov 2024 01:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10433

Actions (login required)

View Item View Item