Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Pengaruh Brand Image Dan Service Quality Oleh Jamaah Umrah Terhadap Keputusan Memilih Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) Di Kota Metro 2023

Aziza, Nurani Arifatul (2024) Analisis Pengaruh Brand Image Dan Service Quality Oleh Jamaah Umrah Terhadap Keputusan Memilih Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) Di Kota Metro 2023. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NURANI ARIFATUL AZIZA - 2003041010 - MHU.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel Brand Image (X1) dan Service Quality (X2) terhadap Keputusan Memilih (Y) di kalangan jamaah umrah yang terdaftar di Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) di Kota Metro pada tahun 2023. Brand Image mencakup persepsi dan citra yang dimiliki oleh jamaah terhadap penyelenggara umrah, meliputi aspek kekuatan, keunikan, dan kegunaan. Sementara itu, Service Quality berfokus pada kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara, meliputi dimensi keandalan, daya tanggap, dan jaminan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 96 responden, yang dipilih dengan teknik cluster sampling. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 25.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih penyelenggara perjalanan ibadah umrah, sedangkan Service Quality berpengaruh positif dan signifikan. Secara simultan, kedua variabel memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan memilih dengan Adjusted R Square sebesar 0,568, yang berarti 56,8% keputusan memilih dapat dijelaskan oleh variabel Brand Image dan Service Quality, sementara 43,2% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi penyelenggara umrah dalam meningkatkan layanan dan bagi peneliti lain dalam memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan jamaah.

Kata Kunci : Brand Image, Service Quality dan Keputusan Mmemilih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Haji dan Umroh
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Haji dan Umroh
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 26 Nov 2024 01:24
Last Modified: 26 Nov 2024 01:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10435

Actions (login required)

View Item View Item