Sari, Sesti Purnama (2024) Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Bermuatan Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Sesti Purnama Sari - 2001061018 - Tadris Matematika.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Hasil Prasurvey di SMAN 01 way serdang ditemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah, padahal kemampuan tersebut sangat penting dimiki siswa dalam pembelajaran matematika. Peserta didik kesulitan memecahkan masalah saat mengerjakan soal. Oleh karna itu, diperlukan solusi dari masalah atau pernyataan yaitu salah satunya melalui sebuah model pembelajaran kontekstual bermuatan etnomatematika. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui model pembelajaran kontekstual bermuatan etnomatematika berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah; 2) mengetahui model pembelajaran kontekstual bermuatan etnomatematika dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik di SMA N 01 Way Serdang Kelas X pada materi trigonometri.
Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan lokasi penelitian di SMAN 01 way serdang, subjek penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dipakai mengunakan tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data mengunakan uji Mann Whitney U dan N-Gain untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah.
Berdasarkan tabel diatas di peroleh nilai signifikan sebesar 0,000 berarti nilai sig. 0,000 < 0,05, maka berdasarkan kriteria pengambilan keputasanya H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pemebelajaran kontekstual bermuatan ethomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Selain itu, hasil perhitungan N-Gain didapatkan nilai 0,48 termasuk dalam kategori sedang dalam kelas eksperimaen dan nilai 0,17 dengan kategori rendah pada kelas kontrol. Berarti model pembelajaran kontekstual bermuatan etnomatematika dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan lebih baik dari pada model yang diterapkan pada kelas kontrol.
Kata Kunci: Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kontekstual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 01:58 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 01:58 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10441 |
Actions (login required)
View Item |