Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Non Muslim Menabung di PT BPRS Aman Syariah Kantor Kas Kota Metro

Waldi, Rahmad Willy (2024) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Non Muslim Menabung di PT BPRS Aman Syariah Kantor Kas Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
RAHMAD WILLY WALDI_2003021045 - Rahmad WillyWaldi.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Perbankan syariah secara statistik terus tumbuh dan berkembang dari tahun-ketahun dari segi aset, nasabah, maupun kelembagaannya. Perkembangan ini merupakan sinyal posistif bagi perbankan syariah di Indonesia yang diharapkan mampu memberikan daya saing bahkan melampaui bank konvensional serta dapat berdiri kokoh dikala badai ekonomi melanda. Perusahaan terutama Bank Syariah memerlukan kepuasan oleh nasabah atau konsumen yang disebut kepuasaan ialah perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja yang dipersepsikan terhadap ekspektasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan nasabah non muslim menabung di PT BPRS Aman Syariah Kantor Kas Kota Metro.
Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi adalah kualitatif yaitu penelitian lapangan (field research). Untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan nasabah non muslim menabung di PT BPRS Aman Syariah Kantor Kas Kota Metro. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan analisis menggunakan cara berfikir iduktif.
Berdasarkan hasil penelitian ini, bahwa yang berdapak puas pada nasabah non muslim terhadap faktor harga dan faktor kemudahan saja sebabnya tidak adanya potongan adminitrasi serta mudah saat bertransaksi. Selain itu dilihat secara teorites tentang faktor – faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah menabung, PT BPRS Aman Syariah Kantor Kas Kota Metro belum sepenuhnya menjalakan prinsip faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah yang menabung penyebabnya mengenai faktor kualitas pelayanan dan kualitas produk berdampak negatif akibatnya nasabah merasa tidak puas. Namun mengenai faktor – faktor kepuasan nasasabah PT BPRS Aman Syariah Kantor Kas Kota Metro hanya menilai dari faktor emosional saja penyebab nasabah menabung berbeda dengan apa yang dirasakan nasabah menabung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 26 Nov 2024 01:19
Last Modified: 26 Nov 2024 01:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10445

Actions (login required)

View Item View Item