Sari, Diah Ambar (2017) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievemen Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP N I Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI DIAH AMBAR SARI NPM. 1398161.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
ujuan pembelajaran adalah tercapainya target penguasaan materi yang disampaikan guru kepada siswa dan indikator pencapaian target tersebut adalah hasil belajar siswa tersebut akan baik dan meningkat apabila di dalam proses pembelajaran terjadi interaksi aktif antara guru dan siswa. Interaksi tersebut akan timbul apabila ada respon baik yang timbul dari siswa sendiri. Karena belajar yang baik harus timbul dari keinginan siswa sendiri. Hal ini terjadi apabila siswa merasa senang terhadap pelajaran yangdisampaikan. Dari hasil observasi di SMP Negeri I Tumijajar, umpan balik dari siswa pada proses pembelajaran belum optimal dan masih rendahnya hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI. Berdasarkan masalah tersebut maka diajukan upaya perbaikan melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: ApakahPenggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD DapatMeningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMPNegeri1 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasilbelajar pendidikan Agama Islam dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 TumijajarKabupaten Tulang Bawang BaratTahun Pelajaran 2016 / 2017.
Tehnik pengumpulan data melalui lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan lembar soal untuk mengetahui hasil belajar siswa. Tehnik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan rumus peningkatan hasil belajar, interpretasi skala aktivitas dan N-Gain.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarsiswa kelas VIII E SMP Negeri I Tumijajar terhadap materi Hidup Sehat dengan Makanan dan Minuman yang Halal serta Bergizi. Pada siklus I perteuan I hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 13,3%, pertemuan II 30%, pada siklus II pertemuan I mencapai 50% pertemuan II 86,67%. Dari siklus I dan II mengalami peningkatan sebesar 56,67%. Dilihat dari skor N-Gain mengalami peningkatan sebesar 0,24% dengan kategori N-Gain secor Rendah. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 17 Jan 2020 02:04 |
Last Modified: | 17 Jan 2020 02:04 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1045 |
Actions (login required)
View Item |