Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Promosi Pada Toko Baju Nadia Busana dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Ditinjau dari Manajemen Bisnis Islam (Bandar Jaya, Terbanggi Besar, Lampung Tengah)

Selvia, Nafa Ofi (2024) Strategi Promosi Pada Toko Baju Nadia Busana dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Ditinjau dari Manajemen Bisnis Islam (Bandar Jaya, Terbanggi Besar, Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
NAFA OFI SELVIA_1804041111.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Toko baju Nadia Busana yang dibuka oleh bu Debby di Bandar Jaya Kecamatan Terbanggi Besar adalah kemauan ibunya yang awalnya bu Debby hanya iseng-iseng berjualan baju dirumah dan sekarang berkembang dan mempunyai toko di Bandar Jaya, bertempat di jalan utama yang berdekatan dengan plaza Bandar jaya. Maka focus penelitian membahas tentang bagaimana promosi pada toko baju Nadia Busana dalam menghadapi persaingan bisnis ditinjau dari Manajemen Bisnis Islam.

Penelitian ini, peneliti berusaha mengumpulkan sumber-sumber yang relavan yaitu menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Dalam pengambilan sampel wawancara, peneliti menggunakan Teknik purposive sampling, dimana peneliti menentukan sampelnya sendiri bukan sampel yang diambil secara acak. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengkaji secara mendalam tentang latar belakang dan kondisi terkini yang terjadi dalam unit-unit social, serta interaksi lingkungan.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai strategi promosi yang digunakan pada toko baju Nadia Busana dalam menghadapi persaingan bisnis ditinjau dari manajemen bisnis Islam, dapat disimpulkan bahwa Toko Nadia Busana dalam menghadapi persaingan bisnis di Bandar Jaya, Terbanggi
Besar, Lampung Tengah, telah diterapkan sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen bisnis Islam. Toko ini menjalankan strategi promosi dengan berpedoman pada prinsip keadilan (Al-‘Adl), amanah, ihsan, maslahah, dan ta’awun. Hal ini terlihat dari kebijakan pemberian diskon yang adil, peningkatan kepercayaan konsumen melalui pengenalan produk yang berkualitas, pelayanan dengan etika kerja yang baik, pemberdayaan masyarakat melalui sistem dropship tanpa modal, dan pendekatan tolong-menolong. Dengan strategi ini, Toko Nadia Busana tidak hanya berorientasi pada keuntungan, tetapi juga berupaya
membangun hubungan yang harmonis dengan konsumen dan memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitar sesuai dengan ajaran Islam.
Kata Kunci: Manajemen Bisnis Islam, Strategi Promos

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:44
Last Modified: 19 Nov 2024 02:44
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10453

Actions (login required)

View Item View Item