Putri, Puput Ayu (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Batanghari. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI PUPUT AYU PUTRI - 2001072011 - T. IPS.pdf - Other Download (9MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah peserta didik belum dapat mengerjakan permasalahan yang otentik dengan maksud untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri, mengembangkan inkuiri dan keterampilan berpikir tingkat lebih tinggi, mengembangkan kemandirian, dan percaya diri. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Batanghari.
Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan pendekatan kuantitatif dan desain yang digunakan yaitu The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini membandingkan kelompok yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas kontrol). Populasi pada penelitian ini yaitu kelas VIII SMP Negeri 1 Batanghari. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 siswa, yaitu kelas VIII. 1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 25 siswa dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 25 siswa. Untuk menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain score, karena data tidak berdistribusi normal maka peneliti menguji hipotesis dengan uji statistik non-parametrik yaitu uji Mann-Whitney.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh nilai Asymp.Sig. (2-tailed) = 0,004. Karena nilai 0,004 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VIII SMP Negeri 1 Batanghari. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir siswa, dibuktikan dengan uji N Gain skor dalam kelas eksperimen mendapat niali 0,2628 dalam kategori rendah.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 01:21 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 01:21 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10458 |
Actions (login required)
View Item |