Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Internalisasi Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah 02 Bangunrejo Lampung Tengah

Hidayanti, Dedah (2024) Internalisasi Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah 02 Bangunrejo Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DEDAH HIDAYANTI - 2101011018 - PAI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Internalisasi nilai pancasila adalah proses menanamkan dan menghayati nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila ke dalam diri seseorang, sehingga nilai nilai tersebut menjadi bagian dari pola pikir, sikap, dan perilaku sehari-hari. Permasalahan pada penelitian ini sering terjadi di kalangan peserta didik saat ini yaitu rendahnya saling menghargai sesama temannya dengan membentuk kelompok bahkan peserta didik saat ini tidak mau menerima pendapat yang berbeda dengannya, mereka cenderung egois dan menganggap pendapatnya yang paling benar. Dalam hal ini, teman yang tidak satu frekuensi tidak bisa bergabung dengan teman yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penginternalisasin nilai pancasila melalui Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 02 Bangunrejo Lampung Tengah

Jenis penelitian pada penelitian ini ialan kualitatif. Dengan Sumber data primer dari penelitian ini adalah 1 Guru dan 4 siswa SMP Muhammadiyah 02 Bangunrejo Lampung Tengah, menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu proses Internalisasi Nilai Pancasila melalui Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 02 Bangunrejo Lampung Tengah, proses yang dilakukan oleh Guru PAI dalam menginternalisasikan nilai Pancasila menggunakan 3 tahap, tahap tranformasi nilai, kedua transaksi nilai, tahap ketiga traninternalisasi nilai, yang dimana tahap pertama suatu proses yang dilakukan oleh Guru untuk menginformasikan nilai yang baik dan kurang baik. Sedangkan kedua tahap transaksi nilai dengan jalan melakukan komunikasi dua arah, atau interaksi antara Guru dengan murid dan tahap ketiga tahap ini bukan hanya dilakukan dengan komunikasi verbal tetapi juga sikap mental dan kepribadian. Jadi pada tahap ini komunikasi kepribadian yang berperan secara aktif.. Artinya SMP Muhammadiyah 02 Bangunrejo Lampung Tengah sudah mengInternalisasikan nilai pancasiila ini melalui pendidikan agama islam.

Kata kunci : Internalisasi, Nilai , Pancasila

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 26 Nov 2024 01:21
Last Modified: 26 Nov 2024 01:21
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10460

Actions (login required)

View Item View Item