Aulia S, Rangga Ferialdo (2024) Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Bagi Santri Baru di Pondok Pesantren Hidayatul Qur`An Batanghari Lampung Timur Tahun Pendidikan 2024/2025. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Rangga Ferialdo Aulia S.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Kesulitan pembelajaran Bahasa Arab yang dirasakan oleh santri baru di Pondok Pesantren Hidayatul Qur`an yang baru pertama kali mengenal ataupun mempelajari Bahasa Arab, kebanyakan santri masih awam dan belum mengetahui ilmu Bahasa Arab seperti ilmu nahwu dan ilmu shorof. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta mengetahui problematika pembelajaran Bahasa Arab bagi santri baru di Pondok Pesantren Hidayatul Qur`an Batanghari Lampung Timur.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini ialah sumber data primer yaitu ustadz beserta santri, sedangkangkan sumber data sekundernya yaitu bahan ajar serta dokumen-dokumen penunjang. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk tekhnik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan studi kasus.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kesulitan pembelajaran Bahasa Arab bagi santri baru di Pondok Pesantren Hidayatul Qur`an digolongkan menjadi dua kategori yaitu linguistik dan non linguistik. Adapun kesulitan belajar santri pada kategori linguistik ialah santri mengalami kesulitan dalam memahami materi, memberikan contoh kalimat berbahasa arab, menghafal mufrodat, menentukan harakat akhir serta membedakan antara isim, fi`il dan huruf. Sedangkan dari faktor non linguistik mencakup lingkungan belajar, minat serta motivasi belajar, metode pembelajaran yang diterapkan ustadz dalam proses kegiatan belajar mengajar. Upaya ataupun solusi yang mungkin bisa menjadi masukkan bagi ustadz dalam menanggulangi kesulitan belajar bahasa arab yang dihadapi santri ialah dengan memvariasikan metode pembelajaran, memberikan game- game interaktif disela-sela pembelajaran serta menjadikan suasana tempat belajar senyaman mungkin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 01:13 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 01:13 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10467 |
Actions (login required)
View Item |