Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Market Opportunity Produk Non Zakat Untuk Menarik Target Pasar di Bank Muamalat KCP Metro

Aprilliawati, Rohaniah Putri (2024) Implementasi Market Opportunity Produk Non Zakat Untuk Menarik Target Pasar di Bank Muamalat KCP Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ROHANIAH PUTRI APRILLIAWATI-(2003021050).pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Peluang pasar adalah kebutuhan konsumen pada sebuah produk, dimana perusahaan dapat beroperasi secara menguntungkan. Peluang pasar produk non zakat di Bank Muamalat KCP Metro dalam menarik target pasar cukup besar karena mayoritas muslim penduduk menjadi peluang bagi marketing untuk memasarkan produknya. Target pasar produk non zakat tabungan iB Hijrah adalah masyarakat atau nasabah yang sudah berusia 17 tahun dan mempunyai KTP untuk melakukan pembukaan rekening baru dan pengisian formulir.

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka pertanyaan penelitian ini adalah : Bagaimana penerapan market opportunity untuk produk non zakat di Bank Muamalat KCP Metro?

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau Field Research. Sedangkan penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dan cenderung menggunakan analisis. Selanjutnya sumber data pada penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik Wawancara, Observasi dan Dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dalam penerapan peluang pasar yang dilakukan Bank Muamalat Indonesia KCP Metro terdapat beberapa upaya untuk menarik target pasar pada produk non zakat (Tabungan iB Hijrah), yaitu : 1) Menentukan target pasar, 2) Mengamati konsumen dan competitor, 3) Memahami faktor lingkungan bisnis. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh Bank Muamalat Indonesia KCP Metro dalam menerapkan peluang pasar untuk menarik target pasar produk non zakat (tabungan iB Hijrah) di Bank Muamalat KCP Metro
adalah dengan cara menawarkan produk dan menampilkan keunggulan produk non zakat ke nasabah atau masyarakat agar dapat memenuhi kebutuhan. Cara menjualnya yaitu selain dari akad nya yang titipan, tidak ada biaya admin dan bulanan, bisa menggunakan ATM dan Mobile Banking (MDin). Nasabah lebih tertarik ke produk non zakat (wadiah) karena ada benefitnya.
Kata Kunci : Market Opportunity, Produk Non Zakat, Target Pasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 26 Nov 2024 01:14
Last Modified: 26 Nov 2024 01:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10468

Actions (login required)

View Item View Item