Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Penerapan Smart Agent sebagai Upaya Peningkatan Inklusi Keuangan di Kelurahan Yukum Jaya Kabupaten Lampung Tengah

Rindyani, Sevia (2024) Analisis Penerapan Smart Agent sebagai Upaya Peningkatan Inklusi Keuangan di Kelurahan Yukum Jaya Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKIPSI SEVIA RINDYANI__2003021055 - sevia rindyani.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Inklusi keuangan adalah target dari suatu kebijakan pemerintah bahwa didaerah yang tidak terjangkau oleh akses keuangan harus bisa dijangkau. Inklusi keuangan sangat penting bagi masyarakat yang jangkauan akses keuangannya masih terbatas. Program ini dibentuk untuk mendukung pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan dan pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan Layanan program pemerintah yang mendukung peningkatan inklusi keuangan adalah layanan perbankan laku pandai. Laku pandai disingkat dari layanan dalam rangka keuangan inklusif yaitu program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk penyediaan layanan perbankan atau layanan keuangan melalui kerja sama dengan pihak lain (agen bank), dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi. Jenis penelitian ini adalah peneltian
lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Bsi Smart Agent Sebagai Peningkatan Inklusi Keuangan.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Smart Agent Staff, Funding Transaction Staff (BSI KC Bandar Jaya) , Kasi Trantibun Pendapatan (kantor kelurahan Yukum Jaya) dan Masyarakat dikelurahan Yukum Jaya . Sedangkan dokumentasi digunakan sebagai pelengkap guna memperoleh data sebagai bahan informasi yang berupa data total agen dan biaya administrasi pada agen.

Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan layanan BSI Smart Agent di Kelurahan Yukum Jaya Lampung Tengah sudah sangat baik, sehingga dapat dikatakan bahwa masyarakat merasakan inklusi keuangan syariah pada layanan BSI Smart Agent. Hal ini dapat diukur dengan tiga faktor inklusi keuangan seperti aksesibilitas, availibilitas, dan usage (penggunaan). Layanan tersebut bagian dari dukungan bank BSI terhadap program pemerintah (financial inclusion).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 22 Jan 2025 02:15
Last Modified: 22 Jan 2025 02:15
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10477

Actions (login required)

View Item View Item