Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Video terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Agung Pekurun

Lestari, Rina (2024) Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Video terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Agung Pekurun. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AKHIR OK2 - Ainul Khusna.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari pembelajaran. Berdasarkan kegiatan pra survey yang telah dilakukan permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran, peserta didik kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat sehingga berdampak hasil belajar kognitif pelajaran
biologi masih rendah pada peserta didik kelas X, diketahui proses pembelajaran kurang maksimal. Oleh karena itu perlu di terapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar. Rumusan dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan video pada materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup di kelas X SMAN 1 Abung Pekurun. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan dikelas X SMAN 1 Abung Pekurun. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pretest-posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, dan uj hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diberikan perlakuan (treatmen) dengan menerapkan model pembelajaran Contekstual Teaching and Learning lebih baik, hal ini bisa dilihat
dari presentase jumlah siswa yang dikategorikan tuntas pada eksperimen lebih tinggi dengan nilai rata-rata 77,2 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-ratanya 67,5. Dari perhitungan uji hipotesis menghasilkan 0,013 < 0,05 maka H1 di terima dan H0 di tolak. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan pada model Contextual Teaching And Learning berbantuan video terhadap hasil belajar siswa kelas x SMA Negeri 1 Abung Pekurun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 22 Jan 2025 02:15
Last Modified: 22 Jan 2025 02:15
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10479

Actions (login required)

View Item View Item