Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Biosong Sistem Klasifikasi Tumbuhan untuk Siswa Kelas X SMA

Istiqomah, Ajeng Novi (2024) Pengembangan Biosong Sistem Klasifikasi Tumbuhan untuk Siswa Kelas X SMA. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AJENG NOVI I - ajeng novi.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini mengembangan media pembelajaran berupa biosong pada materi klasifikasi tumbuhan sub materi Bryophyta. Penelitian ini dilatar belakangi oleh media pembelajaran yang digunakan guru SMA Muhammadiyah 1 Sekampung udik yang masih berupa buku paket, sehingga perlunya inovasi media pembelajaran berupa biosong (lagu biologi) untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan mempersingkat pemahaman siswa terkait materi sistem
klasifikasi tumbuhan pada sub materi Bryophyta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran biosong sistem klasifikasi tumbuhan yang dikembangkan untuk siswa kelas X SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi).

Biosong sistem klasifikasi makhluk hidup ini dikembangkan dengan dilengkapi aplikasi CapCut, I l n Shot, Canva, perekam suara dan N-Track Studio. Hasil validasi produk biosong telah dinyatakan “sangat layak” untuk diujicobakan oleh validator dengan hasil validasi ahli materi 81,6% dan hasil validasi ahli media 88%, sedangkan hasil uji coba produk yang dikembangkan telah dinyatakan “sangat
baik” dengan hasil respon hasil uji coba guru 90,6% dan hasil respon uji coba siswa 91,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 12 Dec 2024 01:55
Last Modified: 12 Dec 2024 01:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10488

Actions (login required)

View Item View Item