Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V MIN 1 Lampung Timur

Dewi, Agustin Pratama (2024) Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V MIN 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AGUSTIN (perpus) - Agustin Pratama dewi.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari di sekolah dasar. Dengan mempelajari IPAS, kami juga berharap dapat meningkatkan kesejahteraan manusia dengan berupaya memanfaatkan segala sesuatu yang ada di alam dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, pendidik harus selalu kreatif menerima dan membangun model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPAS kelas V MIN 1 lampung Timur yang masih rendah karena dalam kegiatan proses pembelajaran pendidik hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan saja tanpa ada variasi pembelajaran yang lain. Hal tersebut dapat dillihat dengan hasil pra survey 58% atau 17 dari 30 peserta didik yang tidak tuntas. Sehingga peneliti menggunakan salah satu alternative dengan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A match dalam proses mengajar untuk meminimalisir kondisi tersebut agar hasil belajar meningkat dan lebih baik. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, dokumentasi, observasi dan wawancara. Peneliti bertindak sebagai kolaborator, pembelajaran dilakukan selama 2 siklus dengan 6 kali pertemuan. Analisis penelitiannya peneliti menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Adapun tujuan dalam penelitian ini, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make A Match pada mata pelajaran IPAS Kelas V MIN 1 Lampung Timur.

Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make A Match, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Pada siklus I , peningkatannya mencapai 56,6%, dan pada siklus II mencapai 86,6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar pada mata Pelajaran IPAS pada peserta didik kelas V MIN 1 Lampung Timur dan tetap dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 09 Jan 2025 00:51
Last Modified: 09 Jan 2025 00:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10490

Actions (login required)

View Item View Item