Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Media Mencocokan Gambar untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab di Kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Metro Tahun 2023/2024

Hidayat, Nur Akbar (2024) Pengaruh Media Mencocokan Gambar untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab di Kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Metro Tahun 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
skripsi akbar-1 - Nur Akbar Hidayat, Dian Ekawati, 27 Juni 24, 55.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran mencocokan gambar untuk meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa arab terhadap siswa kelas X madrasah Aliyah muhammadiyah metro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Dalam penelitian ini, subjek penelitian adalah siswa kelas X. Kelas X A sebagai kelas kontrol dengan proses pembelajaran menggunakan metode menghafal biasa dan kelas X B sebagai kelas eksperimen dengan proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Eksperimen. Teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes dengan menggunakan soal sebanyak 10 soal pilihan ganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pre-test post-test dari kedua kelas membuktikan terdapat pengaruh dalam penggunaan metode pembelajaran mencocokn gambar. Berdasarkan Indpendent Sample T Test pada Tabel 4.21 menunjukkan bahwa di peroleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,303 > (α = 0,05), artinya terdapat perbedaan rata rata yang signifikan. Pernyataan ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan yang menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pretest uji Indpendent Sample T Test kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan rata rata pada hasil Pretest siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa meskipun penggunaan kedua metode sama-sama memberikan efek pada hasil belajar peserta didik, namun metode pembelajaran berbasis mencocokan gambar lebih efektif untuk digunakan jika dibandingkan metode menghafal biasa dalam hal meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa arab peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 12 Dec 2024 01:56
Last Modified: 12 Dec 2024 01:56
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10492

Actions (login required)

View Item View Item